Takut Virus Zika, McIlroy Tak Ikut Olimpiade

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Rabu, 22/06/2016 23:03 WIB
Takut Virus Zika, McIlroy Tak Ikut Olimpiade Rory McIlroy memilih tak akan ikut Olimpiade Rio de Janeiro karena takut virus Zika. (REUTERS/Eddie Keogh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pegolf nomor satu dunia Rory McIlroy enggan ikut berkompetisi di ajang kejuaran multi cabang olahraga, Olimpiade Rio de Janeiro mulai Agustus mendatang.

Sebab pria asal Irlandia Utara itu menarik keikutsertaannya tak lain akibat khawatir dengan virus Zika. McIlroy yang kini berada di peringkat empat rangking PGA Tour mengumumkan keputusannya itu lewat sebuah pernyataan resmi.

"Kesehatan saya dan kesehatan keluarga saya menjadi yang utama dibandingkan lainnya," kata pria berusia 27 tahun itu seperti dikutip dari BBC Sport. "Bahkan jika risiko terinfeksi virus Zika itu rendah."


Bukan hanya McIlroy. Sebelumnya dua pegolf dunia lainnya Vijay Singh, Marc Leishman, Adam Scoot, dan Louis Oosthuizen pun mengundurkan diri dari Olimpiade karena khawatir virus Zika.

"Saya yakin warga Irlandia akan mengerti keputusan saya," ujar McIlroy.

Virus Zika disebabkan gigitan nyamuk. Akibat terinfeksi virus itu bisa menyebabkan gangguan otak dan cacat pada bayi yang baru lahir.

Komite Olimpiade Irlandia menyatakan pihaknya kecewa dengan keputusan McIlroy. Meski begitu, mereka mencoba untuk memahaminya.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) meyakini pelaksanaan Olimpiade di Rio de Janeiro akan aman dan lancar, terutama dari ketakutan akan virus Zika. Hal itu didasari dari nasihat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO telah mengeluarkan pernyataan bahwa peluang infeksi virus Zika rendah. Namun, untuk berjaga-jaga, perempuan hamil dari luar Brasil dinasihati tak mendatangi negara tersebut. Tak hanya itu, para perempuan pun sebaiknya mencegah sementara kehamilan selama berada di sana. (kid)