Juara British Terbuka, Stenson Lampaui Rekor Tiger Woods

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Senin, 18/07/2016 09:09 WIB
Juara British Terbuka, Stenson Lampaui Rekor Tiger Woods Henrik Stenson juara British Terbuka dengan menorehkan rekor dunia di kejuaraan golf terbuka. (REUTERS/Russell Cheyne)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pegolf dunia Henrik Stenson, menjuarai golf British Terbuka dengan sejumlah catatan luar biasa, di Royal Troon, Skotlandia, Minggu (17/7). Bahkan, duelnya dengan Phil Mickelson disebut-sebut sebagai final terhebat sepanjang sejarah dari olahraga tersebut.

Secara epik, Stenson memastikan juara di final setelah menutup mencatatkan angka 63 (par 8). Sementara Mickelson, rivalnya yang dikalahkan, tak mampu mengalahkannya meski menutup duel dengan 65 pukulan.

Padahal, raihan terbaik hari itu dari setiap orang di lapangan adalah 67 pukulan (par 4).


Mickelson yang berambisi menambah gelar keenam turnamen besar dan gelar kedua turnamen Terbuka, terus menempel lawannya asal Swedia itu pada awal dan meraih variasi poin siang itu.

Namun, upayanya terhenti setelah permainan golf yang luar biasa dari lawannya yang ditutup dengan hasil puncak birdie. "Wow, ini butuh waktu sedikit untuk meresapinya," ujar Stenson.

"saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Phil (Mickelson) atas pertarungan fantastis ini. Kami memainkan golf yang sangat hebat dan senang rasanya menjadi yang teratas."

Menariknya lagi, kemenangan Stenson diramaikan oleh sejumlah parade rekor yang berhasil ia pecahkan. Skor par 20 yang dicetak Stenson merupakan yang terendah sepanjang sejarah golf terbuka.

Tak tanggung-tanggung, rekor tersebut lampaui pencapaian mantan petenis nomor satu dunia, Tiger Woods yang mencatatkan rekor terendah -19 di St Andrews pada 2000 silam.

Agregat keseluruhan yang dikoleksi Stenson, yakni 264 merupakan yang terendah sepanjang kejuaraan terbuka dan terendah di seluruh turnamen besar, mengalahkan David Toms.

Pegolf asal Amerika Serikat itu mencapai agregat terendah hanya di angka 265 pada Kejuaraan PGA Amerika Serikat, 2001 silam.

Mickelson yang pernah mengalahkan Stenson pada kejuaraan terbuka 2013 di Muirfield, mengakui lawannya kali ini bermain sangat hebat. "Tentu mengecewakan hanya meraih posisi kedua, tapi saya bahagia untuk Henrik (Stenson), ia merupakan jawara luar biasa," ungkapnya.

"Kami merupakan kawan. Saya selalu berpikir bahwa ia merupakan salah satu pemukul bola terbaik dalam pertandingan ini dan kejuaraan-kejuaraan besar cocok untuknya," terang Mickelson lagi.

"Saya tahu ia akan benar-benar melaluinya dan memenangkannya." (bac)