Trio Bhin Bhin-Ika-Atung Geser Drawa Jadi Maskot Asian Games

M. Arby Rahmat | CNN Indonesia
Kamis, 28 Jul 2016 13:05 WIB
Trio Bhin Bhin-Ika-Atung resmi jadi maskot Asian Games 2018 menggantikan Drawa yang sebelumnya menuai banyak kritik. Maskot Asian Games 2018 resmi diperkenalkan. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Logo dan maskot baru Asian Games 2018 resmi diluncurkan pada Kamis (28/7) di Kantor Staf Kepresidenan. Trio Bhin Bhin-Ika-Atung jadi maskot resmi Asian Games menggantikan Drawa yang sebelumnya menghasilkan banyak kritik.

Menpora Imam Nahrawi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Wakil Ketua Umum KOI Muddai Maddang, dan Wakil Ketua II Inasgoc Gatot S. Dewa Broto hadir dalam acara peresmian tersebut.

"Hari ini kita akan memperkenalkan logo Asian Games 2018 yang baru. Bapak Presiden (Joko Widodo) ingin menggunakan event Asian Games 2018 sebagai ajang promosi Indonesia, baik investasi, perdagangan, dan pariwisata.


"Kami di Sekretariat Kepresidenan sedang mempersiapkan strategi dan rencana untuk mempersiapkan citra bangsa Indonesia. Kenapa Asian Games ini jadi event penting bagi kami? Karena Presiden memberikan perhatian penuh kepada Asian Games agar sukses dan jadi ajang promosi Indonesia," kata Teten kepada para awak media.

Perusahaan studio grafis bernama 'Feat', menjadi pemenang dari sayembara yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Logo Asian Games 2018 kali ini bertemakan: The Energy of Asia, yang terinspirasi dari Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sementara maskot yang sebelumnya bernama Burung Cenderawasih bernama Drawa, kini menjadi tiga yakni Bhin Bhin (Cendrawasih Paradisaea Apoda), Ika (Badak Bercula Satu), dan Atung (Rusa Bawean).

Logo dan maskot sebelumnya mendapat kritikan dari publik. Kini Imam berharap agar logo dan maskot yang sudah disetujui OCA tersebut dapat cukup memenuhi harapan masyarakat Indonesia.

"Kami melihat kekhawatiran publik itu sebagai bagian dari keinginan mereka untuk terlibat. Ini begitu dinamis, ada yang pro dan kontra. Kritik dan saran pasti terjadi."

"Yang penting adalah tetap semangat serta yakin logo dan maskot ini dapat membawa suatu kesatuan dan persatuan dalam Asian Games nanti," ucap Imam. (ptr/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER