Thailand Gantikan Indonesia untuk MotoGP 2017

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Sabtu, 30/07/2016 10:03 WIB
MotoGP berpeluang digelar di Thailand untuk kali pertama pada 2017. Hal ini sebagai bentuk antisipasi setelah Indonesia tak mampu menjadi tuan rumah. Indonesia dipastikan gagal menjadi tuan rumah MotoGP tahun depan. (REUTERS/Heino Kalis)
Jakarta, CNN Indonesia -- MotoGP berpeluang diselenggarakan di Thailand untuk kali pertama pada 2017. Hal ini sebagai bentuk antisipasi setelah Indonesia tak mampu untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2017.

Sebelumnya Indonesia dikabarkan akan menjadi tuan rumah MotoGP 2017, dengan Sirkuit Internasional Sentul atau sirkuit baru di Palembang menjadi tempat penyelenggaraannya.

Sirkuit Sentul sebelumnya pernah menjadi tuan rumah MotoGP pada 1996 dan 1997. Namun bila hendak menggelar MotoGP di sana, Sirkuit Sentul perlu melakukan renovasi besar-besaran.


Sampai saat ini, Indonesia tak memiliki sirkuit yang siap untuk menggelar ajang MotoGP tahun depan. Pihak Dorna sebagai pemegang hak komersial MotoGP pun dikabarkan telah mempersiapkan rencana lain.

Seperti dikutip dari Autosport, Jumat (29/7), Thailand dikabarkan siap untuk menjadi opsi bagi Dorna. Pasalnya, Thailand sudah memiliki Sirkuit Internasional Chang.

Sirkuit yang terletak di Buriram itu telah memiliki klasifikasi kelas A FIM dan pernah menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Superbike musim 2015 dan 2016.

Sebelumnya pihak Dorna sudah mengumumkan pada awal bulan ini bahwa Finlandia masuk kalender MotoGP 2018. (har)