Rio Tak Perlu Bayar Kursi Pebalap Cadangan Manor

Jun Mahares, CNN Indonesia | Kamis, 11/08/2016 17:49 WIB
Rio Tak Perlu Bayar Kursi Pebalap Cadangan Manor Rio Haryanto tetap bisa memetik pelajaran sebagai pebalap cadangan Manor Racing. (Dok. Manor Grand Prix Racing Ltd))
Jakarta, CNN Indonesia -- Rio Haryanto dipastikan tidak akan membayar dana tambahan setelah beralih sebagai pebalap cadangan Manor Racing di sisa musim Formula One (F1) 2016.

Status Rio sebagai pebalap utama Manor resmi diputus setelah gagal melunasi sisa uang kontrak mencapai 7 juta euro dari total tanggungan sebesar 15 juta euro.

Tawaran sebagai pebalap cadangan dari tim F1 asal Inggris tersebut langsung ditampung pihak Rio demi persiapan karier yang lebih matang di musim depan.


"Kami bersyukur tidak ada tambahan dana lagi yang harus disetor ke Manor. Rio sepakat menerima status cadangan agar tetap bisa belajar banyak hal tentang dunia F1 melalui Manor," kata ibunda Rio, Indah Pennywati, ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (11/8).

Meski berstatus pebalap cadangan, lanjut Indah, Rio bisa menyerap ilmu lebih banyak bersama tim Manor. Khususnya soal pengenalan karakter sirkuit di kawasan Benua Amerika.

"Masih banyak sirkuit yang belum pernah dilintasi Rio seperti Brasil atau Meksiko. Nah, itu bisa dipelajari meski berstatus pebalap cadangan," ujarnya.

Kursi Rio di tempat utama kini menjadi milik Esteban Ocon yang akan mendampingi Pascal Wehrlein. Namun, pebalap asal Indonesia itu bisa menggantikan peran salah satu pebalap yang berhalangan tampil.

Selain berstatus pebalap cadangan, Rio juga ditunjuk sebagai duta besar tim asal Inggris tersebut yang akan sering muncul dalam kegiatan kehumasan.

Indah berharap, wawasan Rio tentang dunia balap jet darat tersebut bisa lebih matang agar kariernya lebih baik lagi ke depan.

"Kami berharap tahun depan Rio bisa balap lagi di F1 dengan pengalaman yang lebih matang dan siap bersaing. Karena memang berkarier di F1 memang mimpinya sejak awal," ujarnya. (jun)