Rio Haryanto Masih Berharap Tampil di Seri Asia

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Kamis, 11/08/2016 18:35 WIB
Rio Haryanto Masih Berharap Tampil di Seri Asia Rio Haryanto siap menjalani tugasnya sebagai pebalap cadangan Manor Racing. (REUTERS/Darren Whiteside)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto, berharap bisa tampil di seri Asia pada paruh kedua musim Formula One (F1) 2016. Rio pun siap menjalani tugas barunya sebagai pebalap cadangan Manor Racing.

Rio menerima tawaran Manor sebagai pebalap cadangan setelah tim asal Inggris itu menggantinya dengan Esteban Ocon. Rio masih memiliki kesempatan tampil di F1 2016 jika Ocon atau Pascal Wehrlein berhalangan tampil.

Meski kini hanya berstatus sebagai pebalap cadangan, Rio mengaku senang masih bisa menjalin kerja sama dengan Manor setelah gagal melunasi uang kontrak sebesar 7 juta euro.


"Saya ucapkan terima kasih kepada tim Manor Racing yang telah membuka kesempatan, bukan hanya bagi saya sendiri, tapi bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin memiliki wakil dari tanah air di F1. Saya akan berusaha untuk kembali bertanding di F1 secepat mungkin," ujar Rio seperti dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com.

Di paruh kedua musim F1 2016 sejumlah seri Asia akan digelar, dengan GP Singapura dan GP Malaysia menjadi yang terdekat dengan wilayah Indonesia. Rio pun berharap bisa tampil di sejumlah seri Asia tersebut.

"Tentu saya berharap bisa tampil hingga akhir musim dan bertanding di sirkuit-sirkuit seperti Spa dan Monza yang tampaknya cocok dengan karakter mobil MRT05," ucap Rio.

"Sebagai satu-satunya wakil dari Asia, saya juga berharap tampil di GP Singapura, Malaysia, Jepang, dan Abu Dhabi di mana sejumlah pendukung dari tanah air sudah tidak sabar datang langsung ke sirkuit," sambungnya.

Rio tidak hanya mendapatkan status pebalap cadangan Manor. Mantan pebalap GP2 Series itu juga dijadikan Manor sebagai duta besar dan muncul dalam kegiatan kehumasan. (har)