'Persiapan Matang, Sponsor Rio Haryanto Bisa Lebih Besar'

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Kamis, 11/08/2016 19:34 WIB
'Persiapan Matang, Sponsor Rio Haryanto Bisa Lebih Besar' Rio Haryanto diyakini bakal mendapat sponsor lebih banyak bila persiapan lebih matang. (Mark Thompson/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Deputi IV Bidang Olahraga Prestasi Kemenpora Gatot S. Dewa Broto meyakini Rio Haryanto akan mendapat lebih banyak dana sponsor bila memiliki persiapan yang lebih matang untuk turun ke ajang Formula Satu (F1).

Rio terpaksa harus hengkang dari Manor lantaran tak mampu melunasi sisa uang kontrak sebesar tujuh juta euro. Jumlah itu tak mampu ditebus oleh Rio lantaran sulitnya mendapatkan sponsor.

"Musim lalu persiapan Rio terbilang agak mepet. Tim Rio baru berbicara dengan Kemenpora pada November 2015."


"Untuk dunia usaha, segalanya tentu sudah ada pengaturan alokasi dana sejak jauh hari. Jadi saya pun memang memahami kesulitan mereka untuk membantu Rio tahun ini," kata Gatot kepada CNNIndonesia.com.

Karena itulah, bila Rio berencana untuk kembali membidik kursi F1 pada tahun depan, persiapannya harus dimulai dari sekarang.

"Kemenpora, Rio, dan Pertamina harus duduk bersama untuk menentukan langkah persiapan menuju 2017. Bila rencana disusun lebih awal dan persiapan lebih matang, maka peluang Rio untuk mendapatkan dana sponsor akan terbuka lebih lebar," ucap Gatot meyakini.

Terkait keputusan Rio menerima kursi pebalap cadangan Manor Racing, Kemenpora menyatakan keputusan tersebut sepenuhnya ada di tangan Rio.

"Harapan kami, tentunya bisa menyaksikan Rio jadi pebalap utama di F1 sepanjang tahun, namun bila Rio menerima keputusan jadi pebalap cadangan Manor, maka itu kami serahkan kepada Rio dan timnya," tutur Gatot. (ptr)