Rio Haryanto Didukung Legenda F1

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Kamis, 11/08/2016 20:50 WIB
Rio Haryanto Didukung Legenda F1 Rio Haryanto diklaim melakukan tugas hebat selama menjadi pebalap Manor. (Manor Grand Prix Racing Ltd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda Formula One (F1) asal Inggris, Damon Hill, memberi dukungan untuk Rio Haryanto yang baru saja dicopot dari kursi pebalap utama Manor Racing. Hill mengklaim Rio sudah melakukan tugas luar biasa.

Dukungan tersebut diungkapkan Hill setelah membalas cuitan Rio melalui Twitter. Hill yang merupakan juara dunia F1 1996 itu berharap Rio bisa kembali tampil di ajang F1.

"Rio, semua yang terbaik untukmu. Saya pikir kamu melakukan pekerjaan berkelas. Mari berharap pintu lainnya segera terbuka," cuit Hill melalui Twitter.


Hill membalas cuitan Rio yang sebelumnya mengucapkan terima kasih atas banyaknya dukungan yang didapat pebalap 23 tahun tersebut.

"Jadi saya sudah tidak lagi membalap di 2016 karena masalah finansial. Terima kasih untuk semua pesan dukungan kalian. Tidak sabar menanti tantangan berikutnya," tulis Rio lewat Twitter @RHaryantoracing.
Rio Haryanto mendapat dukungan dari Manor Racing. (Twitter Rio Haryanto @RHaryantoracing)
Rio diputus kontrak dari posisinya sebagai pebalap utama Manor setelah gagal melunasi uang kontrak sebesar 7 juta euro. Posisi Rio digantikan pebalap cadangan Renault yang juga pebalap pengembangan Mercedes, Esteban Ocon.

Manor kemudian mempertahankan Rio dalam tim dengan memberinya status pebalap cadangan. Rio masih memiliki kesempatan tampil di sisa musim F1 2016 jika Ocon atau Pascal Wehrlein berhalangan tampil.

"Tentu saya berharap bisa tampil hingga akhir musim dan bertanding di sirkuit-sirkuit seperti Spa dan Monza yang tampaknya cocok dengan karakter mobil MRT05," ucap Rio tentang statusnya sebagai pebalap cadangan Manor.

"Sebagai satu-satunya wakil dari Asia, saya juga berharap tampil di GP Singapura, Malaysia, Jepang, dan Abu Dhabi di mana sejumlah pendukung dari tanah air sudah tidak sabar datang langsung ke sirkuit," sambungnya. (har)