Hunnisett: Rio Orang Indonesia Paling Terkenal di Dunia

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Sabtu, 13/08/2016 12:20 WIB
Hunnisett: Rio Orang Indonesia Paling Terkenal di Dunia Piers Hunnisett (kanan) yakin Rio Haryanto masih bisa tampil di F1. (Manor Grand Prix Racing Ltd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, yakin pebalap asal Indonesia itu akan kembali tampil di ajang Formula One (F1) setelah dicopot dari posisi pebalap utama Manor Racing, Rabu (10/8).

Hunnisett mengatakan keputusan Manor mencopot Rio dari kursi pebalap utama membuat pebalap 23 tahun itu kecewa. Rio kemudian dijadikan Manor sebagai pebalap cadangan tim asal Inggris tersebut.

"Keputusan Manor bukan kejutan. Konsekuensi ini sudah ada sejak awal tahun. Keputusan Manor jadi hari menyedihkan untuk Rio dan juga Indonesia," ujar Hunnisett kepada CNNIndonesia.com.


"Bisa menjadi pebalap F1 adalah pencapaian hebat. Hanya ada pebalap dari 22 negara yang pernah tampil di F1, dan Rio menjadi pebalap Indonesia yang tampil di kasta tertinggi olahraganya."

Hunnisett optimistis Rio akan kembali mendapatkan kesempatan tampil di F1. Pria asal Inggris itu mengatakan Rio masih memiliki daya tarik untuk menarik pasar F1.

"Saya berpikir saat ini Rio adalah orang Indonesia paling terkenal di dunia, karena setidaknya 500 juta orang tahu Rio dari siaran televisi global dan ditambah penggemar dari Indonesia," ucap Hunnisett.

"Tentunya kami berharap Rio bisa kembali ke F1. Kami sedang bekerja keras saat ini untuk mewujudkannya."

Hunnisett pun mengklaim Rio melakukan tugas hebat di paruh pertama musim F1 2016 bersama Manor. Setidaknya, Rio dikatakan Hunnisett bisa mengimbangi penampilan mantan rekan setimnya di Manor, Pascal Wehrlein.

"Rio melakukan tugas bagus, dibanding rekan setimnya (Wehrlein), yang diharapkan bisa menggantikan Lewis Hamilton dalam beberapa tahun ke depan," ucap Hunnisett. (har)