Verstappen Akan Tetap 'Menginjak Gas' Hingga Lewati Batas

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Selasa, 23/08/2016 01:52 WIB
Verstappen Akan Tetap 'Menginjak Gas' Hingga Lewati Batas Max Verstappen merupakan pebalap termuda di Formula One (F1) sepanjang sejarah penyelenggaran balap jet darat tersebut. (REUTERS/Juan Medina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam dunia olahraga, kemampuan seorang atlet selalu akan sempurna setelah ia berlatih dan tampil melebihi batas kemampuannya. Hal itulah yang disikapi pebalap termuda yang pernah meraih kemenangan di Formula One (F1) sepanjang sejarah, Max Verstappen.

"Tentu saja, saya selalu berupaya melebihi batas, tetapi itulah alasannya anda menjadi sukses, dengan mendobrak batas - karena jika anda ada di bawahnya anda tak akan pernah mencapai prestasi yang sebetulnya bisa didapat," kata Verstappen seperti dikutip dari Eurosport, Senin (22/8).

Hal itu diungkapkan pebalap tim Red Bull tersebut terkait kritik demi kritik yang ia dapat terkait gaya balapnya yang dinilai terlalu nekat.


Pada jeda musim panas ini, salah satu kritik yang diterima Verstappen datang dari pebalap veteran Ferrari Kimi Raikkonen. Raikkonen kesal dengan insiden yang melibatkan keduanya di GP Hungaria, 24 Juli 2016. Menurutnya itu tak bisa dibenarkan.

Kala itu duel sengit sedang terjadi antara Raikkonen dan Verstappen. Pada putaran ke-59 dari 70, Raikkonen berupaya mengincar celah untuk menyalip Verstappen.

Namun, Verstappen menghalang-halanginya. Raikkonen gagal menyalip setelah ia tak kuasa menghindar dari tubruk belakang ke mobil Verstappen. Raikkonen pun terlempar ke luar lintasan, namun masih bisa melanjutkan balap.

Pebalap veteran lainnya yang memperkuat tim McLaren, Jenson Button menyarankan kepada Verstappen agar belajar dari kesalahan di masa lalu.

"Saya yakin dia mengerti lebih baik sekarang dibandingkan sebelumnya," ujar Button.

Namun, Verstappen bergeming dan menegaskan akan mengembangkan gaya balapnya sendirian.

"Saya selalu melihat [kritik] sebagai hal positif," katanya. "Jika orang berbicara tentang anda, anda harus melakukan hal yang benar."

"Tentu saja, anda akan selalu dikelilingi orang yang mengkritik. Beberapa orang mendukung anda, beberapa lagi mendiskreditkan. Namun saya hanya mencoba untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin untuk tim." (kid)