Bersiap Salip-Menyalip di Sirkuit Jalanan Singapura

Reuters & AFP, CNN Indonesia | Minggu, 18/09/2016 15:48 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Formula 1 kembali ke Asia, tepatnya di GP Singapura. Seri yang digelar pada Minggu (18/9) itu akan menyajikan kemegahan dan keseruan balapan di jalan umum.

Selain Monaco, Formula 1 GP Singapura pun sering dinanti-nantikan para pebalap dunia karena akan mengombinasikan sirkuit jalanan (street race) dan juga keindahan lanskap futuristik negara pelabuhan tersebut. (AFP PHOTO / Danial Hakim)
Salah satu ikon kota yang akan dilewati para pebalap adalah Singapore Flyer, atau bianglala raksasa setinggi 169 meter. (REUTERS/Jeremy Lee)
Salah satu karakteristik unik GP Singapura sendiri adalah para pebalap akan sangat sukar melakukan overtake. Musim lalu, hanya ada 11 overtake yang terjadi di atas sirkuit (bukan karena strategi pitstop). (AFP PHOTO / ROSLAN RAHMAN)
GP Singapura juga merupakan salah satu seri balapan paling lama dan mendekati batas maksimal durasi balapan selama dua jam. (AFP PHOTO / ROSLAN RAHMAN)
Dengan minimnya overtake, strategi pemilihan ban dan pitstop akan sangat krusial bagi para pebalap yang ingin mendapatkan hasil baik. (AFP PHOTO / Anthony WALLACE)
Tim Mercedes pun harus siap-siap menyaksikan pertarungan sengit antara Lewis Hamilton dan Nico Rosberg mengingat keduanya kini hanya berselisih dua poin di klasemen sementara. (AFP PHOTO / Anthony WALLACE)
GP Singapura pun menjadi satu pencapaian tersendiri bagi Nico Rosberg. Ia akan menjajal seri ke-200 dalam kariernya. Rosberg bisa memulai balapan dengan hati yang riang sebagai pemegang posisi pole. (AFP PHOTO / Anthony WALLACE)
Lewis Hamilton menyempatkan diri mengikuti sesi jumpa penggemar yang digelar beberapa hari sebelum balapan. Hamilton sendiri menyesalkan beberapa masalah pada mobilnya di balapan kali ini. (AFP PHOTO / ROSLAN RAHMAN)
Nasib buruk dialami juara GP Singapura musim lalu, Sebastian Vettel. Kerusakan mobil membuatnya gagal lolos dari kualifikasi sesi 1 (Q1), sehingga ia akan memulai balapan dari grid paling belakang. (AFP PHOTO / POOL / Jeremy LEE)