Rio Haryanto Kecewa Gagal Tampil di GP Malaysia

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Senin, 03/10/2016 09:27 WIB
Rio Haryanto Kecewa Gagal Tampil di GP Malaysia Rio Haryanto menyerahkan trofi di podium GP3 Malaysia. (Cep Goldia/Media Relations Rio Haryanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap pertama asal Indonesia yang tampil di Formula One (F1), Rio Haryanto, mengungkapkan kekecewaan setelah gagal tampil di balapan GP Malaysia, Minggu (2/10).

Dua seri terakhir di F1 2016, GP Singapura dan GP Malaysia, merupakan seri balapan yang memiliki jarak terdekat dengan Indonesia. Semula Rio diharapkan bisa tampil bersama tim Manor Racing di dua seri tersebut.

Namun, kegagalan melunasi uang kontrak membuat Rio didepak Manor di tengah musim. Pebalap 23 tahun itu kini hanya berstatus sebagai pebalap cadangan Manor. Dengan kondisi Pascal Wehrlein dan Esteban Ocon yang fit, Rio pun hanya menjadi penonton di GP Singapura dan GP Malaysia.


"Seperti ronde terakhir di Singapura, sejumlah masyarakat Indonesia terbang ke Malaysia untuk menyaksikan jalannya balapan. Terima kasih saya sampaikan kepada mereka yang datang langsung ke sini untuk memberikan dukungan," ujar Rio melalui akun Facebook resminya.

"Sayangnya, di dua Grand Prix paling dekat dengan Tanah Air, saya justru belum berkesempatan berlomba. Meski demikian, saya berharap kabar baik akan datang secepatnya," sambungnya.

Meski tidak tampil di GP Malaysia, Rio tetap mendapat sambutan hangat sepanjang akhir pekan di Sirkuit Sepang. Mantan pebalap GP2 itu bahkan mendapat kehormatan menyerahkan trofi usai balapan GP3.

"Suatu kehormatan bisa memberikan piala-piala kepada tiga pembalap teratas GP3 Series di Race 1 Malaysia. Selamat kepada para pemenang," ucap Rio.

Pihak Rio sendiri hingga saat ini masih berusaha keras mencari paket sponsor agar bisa kembali tampil di ajang F1 2017. Rio belakangan dihubungkan dengan kursi balap di tim Sauber, Renault, dan Haas. (vws)