Rossi Sebut Sepang Sirkuit Tersukar Sekaligus Favoritnya

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Jumat, 28/10/2016 05:53 WIB
Cuaca Malaysia yang sering berubah-ubah membuat membalap di Sirkuit Sepang sangat sukar. Namun, Valentino Rossi justru menjadikan GP Malaysia favoritnya. Valentino Rossi mengatakan bahwa Sirkuit Sepang adalah salah satu favoritnya. (CNN Indonesia/Dika Kardi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi menyebut Sirkuit Sepang adalah salah satu trek favorit dalam ajang MotoGP. Ditanya peluang menang, ia justru tak yakin mengingat kondisi cuaca di Kuala Lumpur yang disebutnya sering berubah.

Di Sepang, Rossi bermaksud mengamankan posisi kedua klasemen kejuaraan dunia MotoGP dari buruan rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Gelar juara dunia sendiri telah dalam genggaman Marc Marquez sejak merebut kemenangan di Sirkuit Motegi, Jepang 16 Oktober lalu.

"Sepang adalah salah satu trek favorit saya," kata pebalap berjuluk The Doctor itu dilansir Supersport, Kamis (27/10).


"Saya sangat menyukainya, tapi itu juga salah satu balapan paling sulit karena cuacanya sangat panas sehingga Anda harus selalu berhati-hati dengan makanan dan minuman Anda," katanya.

Pebalap asal Italia 37 tahun itu kini terpaut 24 poin dari rekan satu timnya, Lorenzo. yang berada di peringkat ketiga klasemen. Mengamankan posisi runner up jadi satu-satunya perjuangan terakhir buat Rossi musim ini.

Di Philip Island, Australia akhir pekan lalu, Rossi tampil cemerlang dan finis kedua di belakang Cal Crutchlow meski memulai balapan dari urutan ke-15.

Di Malaysia, Rossi menjadi pebalap yang paling sering menang. Tercatat sudah tujuh kali ia menang di Sirkuit Sepang dengan rincian lima kali saat tampil di kelas MotoGP (2003, 2004, 2006, 2008, 2010) dan masing-masing sekali di kelas 500 cc dan 125 cc.

"Akhir pekan di Malaysia sangat menuntut fisik, tapi saat ini saya dalam kondisi yang baik. Akhir pekan di Phillip Island sangat rumit, tetapi pada akhirnya kami melakukan balapan yang baik dan saya senang untuk itu," katanya.

"Di Malaysia, saya berharap kami bisa bekerja dengan baik lagi sejak latihan pertama. Saya ingin membuat balapan yang baik dan naik ke podium lagi," tukas pebalap yang telah mengoleksi tujuh titel juara dunia MotoGP itu. (vws)