Riedl Masih Buka Pintu untuk Jandia di Timnas Indonesia

Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 02/11/2016 15:05 WIB
Alfred Riedl menyebut pencoretan Jandia Eka Putra dari skuat tim nasional Indonesia bukanlah keputusan final. Jandia masih punya peluang untuk masuk timnas. Jandia Eka Putra masih berpeluang menembus timnas Indonesia di Piala AFF 2016. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pencoretan nama Jandia Eka Putra dari daftar rombongan timnas Indonesia menjelang agenda uji coba melawan Myanmar dan Vietnam, bukan akhir dari segalanya. Pelatih Alfred Riedl masih membuka pintu baginya sampai Piala AFF 2016 bergulir.

Jandia merupakan satu di antara empat penjaga gawang yang dipersiapkan tampil pada laga uji coba menghadapi Myanmar (4/11) dan Vietnam (8/11). Namun, kiper utama Semen Padang itu harus angkat koper karena cedera leher.

"Jandia terpaksa kami istirahatkan karena belum pulih. Tapi, dia juga masih berpeluang tampil di Piala AFF 2016 karena secara kualitas tidak kalah dibanding kiper lainnya," kata Riedl.


Absennya Jandia membuat komposisi penjaga gawang tersisa tiga pemain. Mereka adalah Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta), Kurnia Meiga (Arema Cronus), dan Dian Agus Prasetyo (Pusamania Borneo FC).

Masuknya Kurnia Meiga yang baru pulih dari cedera semakin memanaskan peta persaingan di bawah mistar gawang. Penjaga gawang Arema Cronus itu kerap menjadi andalan di skuat Merah Putih dalam beberapa tahun terakhir.

Namun menjelang AFF kali ini, nama Andritany lebih menonjol. Kiper Persija Jakarta itu praktis menjadi pilihan utama di dua laga uji coba Indonesia saat menjamu Malaysia dan Vietnam.

Sementara Dian Agus lebih banyak duduk di bangku cadangan untuk melapis Andritany.

Ketiga kiper tersisa dipastikan masuk dalam daftar rombongan skuat Garuda yang akan meladeni dua laga uji coba menjelang mentas di AFF yang dihelat mulai 19 November mendatang.

Dua laga uji coba di luar negeri dapat memberi gambaran kerangka inti skuat Merah Putih, termasuk pemain yang paling berpeluang mengisi pos utama di bawah mistar gawang. (jun/ptr)