Ronaldo Sejajar Gerd Mueller, Dekati Pele

Putra Permata Tegar Idaman , CNN Indonesia | Senin, 14/11/2016 05:58 WIB
Ronaldo Sejajar Gerd Mueller, Dekati Pele
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua gol yang dicetak Cristiano Ronaldo membuat dirinya kini telah mengoleksi 68 gol di tim nasional Portugal. Ia telah sejajar dengan Gerd Mueller dan masuk dalam jajaran 15 besar pemain paling subur di tim nasional sepanjang masa.

Dua gol ke gawang Latvia membuat koleksi gol Ronaldo kini mencapai angka 68 buah. Jumlah itu menyamai catatan bomber legendaris Jerman, Gerd Mueller. Selain Mueller, pemain lainnya yang juga telah mencatat 68 gol untuk tim nasionalnya adalah Carlos Ruiz (Guatemala) dan Robbie Keane (Irlandia).

Dengan pensiunnya Keane dan Ruiz tahun ini, Ronaldo sendiri kini jadi pemain aktif paling subur di tim nasional. Pesaing terdekat Ronaldo adalah rival abadinya, Lionel Messi yang baru mencatat 56 gol.

Andai saja Ronaldo mampu mengeksekusi penalti kedua dengan baik, maka Ronaldo bisa naik ke posisi 14 dan sejajar dengan bomber legendaris Mesir, Hossam Hassan.

Meski demikian, Ronaldo tak perlu khawatir karena ia bisa terus melaju dan menembus posisi 10 besar atau bahkan 5 besar bila melihat kariernya di tim nasional yang masih panjang.

Ronaldo hanya berjarak tiga gol dari penghuni peringkat 10 yang ditempati oleh Majed Abdullah (Arab Saudi), Kiatisuk Senamuang (Thailand), dan Miroslav Klose (Jerman). Untuk masuk ke lima besar, Ronaldo pun tinggal butuh sembilan gol. Peringkat kelima sendiri diduduki oleh Legenda Brasil, Pele, dan Piyapong Pue-on dari Thailand.

Bila Ronaldo bertekad untuk masuk ke posisi dua besar, hal itu pun terbilang masih logis. Ronaldo hanya butuh 16 gol untuk bisa menyamai catatan gol milik Ferenc Puskas yang sempat membela Hungaria dan Spanyol.

Tantangan berat baru tersaji bagi Ronaldo bila dirinya ingin jadi pemain tersubur di tim nasional sepanjang masa. Pasalnya, saat ini ia masih berselisih 31 gol dari bomber Iran era 90-an dan 2000-an, Ali Daei yang menjadi pemain tersubur di tim nasional sepanjang masa dengan catatan 109 gol.