Cedera, Bachdim Gagal Bela Indonesia di Piala AFF

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Selasa, 15/11/2016 18:45 WIB
Akibat jegalan keras yang diterimanya saat sesi latihan timnas Indonesia, Irfan Bachdim mengalami cedera fibula dan harus menepi selama dua bulan. Irfan Bachdim (tengah) mengalami cedera saat menjalani latihan bersama Timnas Indonesia di Karawaci, Tangerang, 15 November 2016. (CNN Indonesia/Jun Mahares)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang timnas Indonesia, Irfan Bachdim, harus absen selama dua bulan karena cedera.

Hal tersebut diutarakan pelatih timnas Alfred Riedl usai latihan sore jelang Piala AFF 2016 di Lapangan Sepak Bola Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Selasa (15/11).

"Kabar tidak baik, kami dapat informasi dari staf medis bahwa Irfan Bachdim cedera agak berat. Dia patah tulang fibula. Bachdim keluar dari piala AFF," kata Riedl.


Irfan Bachdim mengalami cedera tulang di bagian betis tersebut akibat jegalan bek timnas, Hansamu Yama saat sesi latihan pagi ini di tempat yang sama. Irfan sempat mengerang, dan dipapah keluar sebelum dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Kehilangan yang besar bagi kami," kata Riedl.

Cedera, Bachdim Gagal Bela Indonesia di Piala AFFPenyerang Persipura Jayapura Ferinando Pahabol dipilih Alfred Riedl untuk menggantikan Irfan Bachdim yang cedera. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Sebelumnya, dalam empat uji coba timnas Indonesia--tiga di antaranya--Irfan merupakan pilihan utama Riedl di lini depan.

Penyerang berdarah Belanda yang bermain untuk klub J2-League, Consadole Sapporo, tersebut menjadi tandem bagi kapten timnas, Boaz Solossa di ujung tombak.

Sebagai ganti Irfan, Riedl menjatuhkan pilihan kepada pemain yang akrab dengan permainan sang kapten yang membela tim Persipura Jayapura.

"Kami sudah ajak Ferinando Pahabol untuk menggantikan Bachdim. Dia ada di Jakarta bersama Persipura, jadi akan mudah untuk mengajaknya malam ini ke hotel dan begabung bersama kami," ujar Riedl.

"Irfan Bachdim sebetulnya pemain yang bagus untuk tim. Tanpanya kondisi tim tentu kurang bagus," ucap Riedl melanjutkan.

Sementara soal kondisi Dian Agus yang sebelumnya menderita cedera hamstring, Riedl mengatakan masih menunggu hasil cek medis dari dokter timnas Indonesia. Dian Agus merupakan satu dari tiga kiper yang berada di skuat timnas Indonesia untuk Piala AFF 2016. Namun, kiper Pusamania Borneo FC itu diragukan dapat tampil karena cedera hamstring.

"Tapi kelihatannya kondisinya cukup bagus. Misalnya tidak ada masalah, kami akan bawa dia ke Piala AFF. Keputusannya setelah dapat hasil MRI," ujar Riedl. (kid)