Pikal Sarankan Irfan Bachdim ke Jepang untuk Penyembuhan

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Selasa, 15/11/2016 21:14 WIB
Asisten pelatih Timnas Indonesia menyarankan Irfan Bachdim kembali ke Jepang untuk melakukan penyembuhan atas cedera fibula yang ia alami saat latihan timnas. Irfan Bachdim (kiri) mengalami cedera saat menjalani latihan bersama Timnas Indonesia di Karawaci, Tangerang, 15 November 2016. (Antara/Muhammad Iqbal)
Karawaci, CNN Indonesia -- Asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, menyarankan Irfan Bachdim menjalani masa penyembuhan di Jepang.

Irfan Bachdim mengalami cedera fibula dan harus menepi selama dua bulan akibat jegalan dari rekan setimnya, Hansamu Yama, saat sesi latihan pagi di Lapangan Sepak Bola Sekolah Pelita Harapan (15/11). Akibat cedera itu pula Irfan gagal membela timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2016 yang akan mulai digelar pekan depan.

"Irfan Bachdim cedera, dia memang sangat bagus. Kami sebenarnya bisa gunakan dia di Piala AFF, kami butuh dia. Tapi dia cedera agak berat, mungkin perlu dua bulan untuk penyembuhannya," kata Pikal di tempat skuat Merah Putih menginap, Hotel Aryaduta, Karawaci, Tangerang, Selasa (15/11) malam.


"Menurut saya, dia perlu pulang ke Jepang karena mungkin perawatannya di sana lebih bagus daripada di Indonesia," katanya menambahkan.

Pikal Sarankan Irfan Bachdim ke Jepang untuk PenyembuhanAsisten Pelatih Timnas Indonesia Wolfgang Pikal (kanan) menilai Irfan Bachdim akan mendapat pengobatan yang lebih baik di Jepang. (Antara/Prasetyo Utomo)
Sejak 2013 lalu, Irfan Bachdim memilih untuk bermain di luar negeri. Terakhir, penyerang 28 tahun tersebut membela klub Consadole Sapporo yang bermain di J2-League.

Kendati kekuatan timnas menjadi berkurang,tim kepelatihan timnas Indonesia sepakat memanggil penyerang Persipura Jayapura, Ferinando Pahabol, untuk menggantikan Irfan.

"Dia (Pahabol) pemain yang berbeda dari Bachdim, mungkin dia juga dibutuhkan di timnas Indonesia. Dia bisa bikin kacau sedikit permainan lawan. Di beberapa pertandingan terakhir bersama Persipura dia bermain sangat bagus sekali," ujar Pikal.

Dalam laga-laga uji coba jelang Piala AFF 2016, Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl menempatkan Irfan Bachdim sebagai penyerang kedua di belakang ujung tombak utama Boaz Solossa.

Penyerang Pusamania Borneo FC, Lerby Eliandry sempat diplot untuk mengisi pos tersebut pada laga uji coba ketiga di Myanmar. Namun penyerang dengan tinggi badan 180 cm itu tak tampil maksimal. Sementara itu satu penyerang lagi, Ferdinand Sinaga memiliki posisi sebagai target man.

Selain bisa diplot sebagai pengganti Irfan Bachdim di pos penyerang lubang, Pahabol pun kerap bermain di sisi sayap bersama Persipura. Tak hanya itu, berada satu klub bersama Boaz yang merupakan kapten timnas saat ini pun menjadi keuntungan tersendiri bagi Pahabol.

"Namun siapa yang menggantikan Bachdim nanti di pertandingan, kami akan lihat nanti sesuai kebutuhan tim," ucap Pikal.

Indonesia akan bertanding melawan Thailand sebagai pertandingan pertama di Piala AFF 2016 pada 19 November mendatang. Selain Thailand, Indonesia juga satu Grup A bersama Filipina dan Singapura. (kid)