Jelang Piala AFF 2016

Bek Kiri Timnas Indonesia Sembuh Tepat Waktu

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 17/11/2016 13:34 WIB
Bek Kiri Timnas Indonesia Sembuh Tepat Waktu Abdul Rahman telah sembuh dari sakit dan siap untuk membela Indonesia. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek timnas Indonesia, Abdul Rahman, siap bermain habis-habisan melawan Thailand dalam Piala AFF 2016 pada 19 November mendatang. Abdul yang beberapa hari kemarin sempat sakit demam dan flu, kini mengaku sudah dalam kondisi yang prima dan tanpa cedera.

Thailand akan menjadi lawan pertama tim Merah Putih dalam turnamen terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Thailand dan Indonesia berada dalam satu Grup A bersama dengan Singapura dan Filipina.

"Saya siap bermain sebaik mungkin, masalah akan main atau tidak, dan soal hasil belakangan," kata pemain berusia 25 tahun yang bermain untuk Persiba Balikpapan tersebut kepada CNNIndonesia.com di Hotel Aryaduta Karawaci, Kamis (17/11) pagi.


"Jangan galau, takut, dan bimbang. Semua tim sama bagusnya," katanya menambahkan.

Abdul bermain dalam dua laga ujicoba pertama Indonesia melawan Malaysia dan Vietnam di Solo, sementara dalam laga tandang ke markas Myanmar dan Vietnam, posisinya digantikan Abduh Lestaluhu.

Abdul bersama rekan dijadwalkan tiba di Manila, Filipina, Kamis (17/11) malam waktu setempat. Sebanyak 22 pemain hari ini berangkat ke Filipina, sementara Muchlis Hadi Ning yang akan menggantikan Irfan Bachdim akan menyusul dan bertemu di Manila.

Ini adalah perjalanan pertama Abdul ke Filipina selama hidupnya.

"Saya senang, tapi ini bukan jalan-jalan. Saya harus fokus kepada timnas Indonesia," ucapnya.

Lebih lanjut, Abdul juga mengungkapkan kekecewaan atas absennya Irfan Bachdim di timnas Indonesia. Irfan batal tampil karena cedera tulang fibula akibat dijegal rekan setimnya, Hansamu Yama Pranata, saat menjalani latihan di Lapangan Sepak Bola Sekolah Pelita Harapan beberapa waktu lalu.

"Tanpa Irfan merupakan sebuah kehilangan yang besar, tapi saya yakin pemain lain dapat menggantikannya," ujar Abdul. (vws)