Zulham Zamrun Tak Ciut Lawan Thailand

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 17/11/2016 15:46 WIB
Zulham Zamrun Tak Ciut Lawan Thailand Zulham Zamrun mengatakan dirinya siap untuk menyambut laga melawan Timnas Thailand di Piala AFF 2016. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gelandang timnas Indonesia, Zulham Zamrun, tak gentar menatap Thailand dalam laga pertama Piala AFF 2016, 19 November mendatang.

"Thailand memang lawan berat, tapi itu tidak saya jadikan beban melainkan motivasi," kata pesepakbola berusia 28 tahun dari Persib tersebut.

"Pertandingan pertama sangat berat, tapi juga menentukan. Yang penting saya bermain baik saja. Bila kami bisa tampil baik, maka dua pertandingan yang tersisa di babak grup Insya allah dapat berakhir baik juga," katanya menambahkan.


"Untuk seluruh masyarakat Indonesia, saya mewakili pemain kami meminta dukungan dan doa."

Thailand dan Indonesia berada dalam satu Grup A bersama dengan Singapura dan Filipina. Setelah menghadapi Tim Gajah Putih, Indonesia akan berhadapan dengan Filipina pada 22 November dan Singapura, tiga hari kemudian.

Zulham mengatakan timnas Indonesia sudah cukup siap berjuang di turnamen terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Kendati demikian, ia menyayangkan rekannya, Irfan Bachdim, batal memperkuat tim Merah Putih.

Irfan harus menepi selama kurang lebih dua bulan atas cedera tulang fibula yang ia alami saat sesi latihan beberapa waktu lalu.

"Kami kekurangan satu pemain, tapi semoga itu tidak jadi hambatan buat tim karena dari persiapan, semua pemain sama. Kami anggap kami semua sudah siap."

"Memang kami kehilangan Irfan karena dia penting untuk timnas, tapi para pemain yang lain juga sudah siap. Jadi tidak ada masalah. Saya mohon doanya dari masyarakat Indonesia," ucap Zulham.

Anggota skuat Indonesia lainnya, Ferdinand Alfred Sinaga, berharap Irfan Bachdim segera pulih.

"Kami sebagai tim sangat terpukul karena tiga hari sebelum berangkat kehilangan Irfan. Timnas memang butuh pemain seperti dia, bagus, kerja keras, selalu tampil baik. Tapi itu semua mungkin rencana Tuhan," kata Ferdinand.

"Yang penting kami tetap semangat, kami tetap dukung dia dan selalu berharap dia cepat sembuh. Mudah-mudahan Irfan sembuh lebih cepat lagi, itu harapan pribadi saya," katanya menambahkan.

Sementara soal pertandingan pertama timnas Indonesia di Piala AFF 2016, Ferdinand tak banyak berkomentar. "Saya ingin bermain dan memberikan permainan yang terbaik," ucapnya singkat. (vws)