Kehilangan Bachdim, Riedl Tetap Gunakan 4-4-1-1

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 17/11/2016 17:23 WIB
Kehilangan Bachdim, Riedl Tetap Gunakan 4-4-1-1 Alfred Riedl menyatakan akan tetap menggunakan formasi 4-4-1- di Piala AFF 2016. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, tetap menjadikan formasi 4-4-1-1 sebagai rencana A dalam menghadapi Piala AFF 2016 pada 19 November mendatang, meski telah kehilangan Irfan Bachdim.

Penyerang Consadole Sapporo itu memang sentral dalam formasi yang sering digunakan Rield. Dalam beberapa laga uji coba, Irfan selalu ditempatkan Rield sebagai pemain yang bergerak bebas untuk mendampingi Boaz Solossa.

Irfan pun menginterpretasikan peran itu dengan apik. Ia akan bergerak ke samping, turun ke lini tengah, atau bahkan berada dalam posisi terdepan jika Boaz tak dalam posisi terbaik.


Kehilangan Irfan yang cedera hanya beberapa hari sebelum keberangkatan ke Filipina sempat membuat formasi Riedl dipertanyakan. Akan tetapi, Riedl menyatakan akan tetap mempertahankan formasi favoritnya tersebut.

"Kami kemungkinan akan bermain formasi 4-4-1-1, tapi tergantung lawan kami nanti. Kami akan taruh banyak pemain di lini belakang, dan kami maksimalkan peluang dari serangan balik," kata Riedl kepada para awak media di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (17/11) siang.

Timnas Indonesia dijadwalkan tiba di Manila, Filipina, Kamis (17/11) malam waktu setempat. Sebanyak 22 pemain hari ini berangkat ke Filipina, sementara Muchlis Hadi dikabarkan pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl akan menyusul dan bertemu di Manila untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Irfan.

Sebelumnya, Riedl menginginkan pemain Persipura, Ferinando Pahabol untuk menggantikan Irfan. Sayangnya, pihak tim berjulukan Tim Mutiara Hitam tak keluarkan izin.

"Ternyata tak semua klub dan tak semua orang dukung tim nasional. Ini sangat menyedihkan bagi saya, pelatih. Kami memulai timnas pun dengan halangan hanya dua pemain setiap klub," ucap Riedl.

Thailand akan menjadi lawan pertama tim Merah Putih dalam turnamen terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Thailand dan Indonesia berada dalam satu Grup A bersama dengan Singapura dan Filipina.


(vws/vws)