Thailand: Kami Wajib Menang Lawan Indonesia

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Jumat, 18/11/2016 13:44 WIB
Thailand: Kami Wajib Menang Lawan Indonesia Kiatisuk Senamuang menegaskan bahwa laga melawan Indonesia adalah pertandingan wajib menang. (AFP PHOTO / MUNIR UZ ZAMAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih tim nasional Thailand, Kiatisuk Senamuang, mengatakan laga melawan Indonesia di Piala AFF 2016 wajib dimenangi demi mendongkrak kepercayaan diri kesebelasannya.

Pertandingan yang akan digelar Sabtu (19/11) merupakan laga pembuka Piala AFF 2016. Thailand menghadapi laga tersebut dengan status sebagai juara bertahan, sementara Indonesia menjalani kompetisi resmi pertama dalam satu tahun terakhir karena sebelumnya sempat disanksi FIFA.

Pelatih yang akrab dipanggil Zico dari Asia itu mengaku buta kekuatan Indonesia saat ini.


"Indonesia di hukum FIFA selama dua tahun dan kami tak punya banyak informasi soal tim mereka. Mereka terlihat lapar, tapi belum bermain sepak bola internasional dalam waktu yang lama," kata Kiatisuk seperti dikutip dari Bangkok Post. (Red: Indonesia dihukum satu tahun oleh FIFA)

"Kami harus mendapatkan tiga poin dari partai pertama, jika tidak hal itu akan mempengaruhi kepercayaan diri pemain."

Thailand akan kembali mengandalkan gelandang Chanathip Songkrasin, penyerang Teerasil Dangda, dan juga Theerathon sebagai kapten di Piala AFF 2016. Thailand yang merupakan juara Piala AFF 2014, kembali menjadi favorit di edisi Piala AFF ke-11.

Kiatisuk tidak ingin status tersebut membuat para penggawanya lengah.

"Target kami adalah untuk memenangi gelar, tapi kami tak boleh terlalu percaya diri," katanya.

Persiapan Thailand sempat terganggu karena kualitas lapangan yang buruk. Oleh tuan rumah Filipina, mereka ditempatkan di Universitas Makati dengan lapangan yang panjang rumputnya melebihi batas normal lapangan sepak bola. (har)