Sang Legenda Hendra Setiawan

CNN Indonesia/Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Kamis, 08/12/2016 15:41 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Hendra Setiawan adalah sosok besar dalam bulu tangkis Indonesia. Ia bergelimang prestasi sejak pertama kali masuk pelatnas pada 2002 hingga kini.

Hendra Setiawan pertama kali datang ke Pelatnas Cipayung pada tahun 2002 silam. Hendra dipanggil masuk pelatnas setelah berprestasi bersama klubnya, Jaya Raya Jakarta di level nasional. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Saat baru datang ke pelatnas Cipayung, Hendra Setiawan muda melihat sosok-sosok hebat di nomor ganda putra seperti Tony Gunawan, Candra Wijaya, hingga Sigit Budiarto. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Hendra Setiawan pun termotivasi untuk bisa mengikuti bahkan melebihi jejak seniornya. Setelah mulai meroket di tahun 2005, Hendra mampu jadi juara dunia 2007 saat berpasangan dengan Markis Kido. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Duet Markis Kido/Hendra Setiawan kemudian sukses jadi ganda putra nomor satu dunia. Mereka pun sukses memenangkan medali emas Olimpiade Beijing 2008, meneruskan tradisi medali emas Olimpiade Indonesia yang sudah berlangsung sejak 1992. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Markis Kido/Hendra Setiawan melanjutkan prestasi mereka dengan meraih medali emas Asian Games 2010 meskipun mereka berstatus pemain non-pelatnas. Namun setelah itu mereka malah gagal lolos ke Olimpiade London 2012. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Hendra Setiawan sempat berada dalam keterpurukan prestasi di 2012. Ia lalu memutuskan kembali ke Pelatnas Cipayung selepas Olimpiade London. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Hendra Setiawan kemudian berpasangan dengan Mohammad Ahsan. Bersama Ahsan, Hendra mampu jadi juara dunia 2013 dan 2015, juara All England 2014, dan juara Asian Games 2014. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Setelah empat tahun, Hendra akhirnya kembali memutuskan untuk keluar dari pelatnas Cipayung di akhir tahun 2016. Hendra ingin berkarier profesional. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sejak awal kariernya hingga sekarang, Hendra Setiawan selalu menunjukkan diri sebagai sosok yang patut diteladani. Bukan hanya soal prestasi di lapangan, melainkan juga kerja keras selama masa latihan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Di luar lapangan, Hendra Setiawan juga sosok yang patut diteladani. Ia selalu memberikan waktu yang optimal bagi keluarganya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Dengan keputusan keluar pelatnas, Hendra Setiawan berpeluang memiliki waktu yang lebih banyak untuk dihabiskan bersama keluarganya (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Cerita Hendra Setiawan adalah cerita tentang kesuksesan, perjuangan, kerja keras, dan konsistensi dalam latihan keseharian. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Medali emas Olimpiade, dua medali emas Asian Games, tiga medali emas Kejuaraan Dunia. Hendra sah masuk dalam daftar legenda bulu tangkis Indonesia. Terima kasih Hendra! (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)