Presiden Jokowi Kaget Jadi Pendekar Utama Pencak Silat

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 08/12/2016 14:27 WIB
Presiden Jokowi Kaget Jadi Pendekar Utama Pencak Silat Presiden Persilat dan Ketua Umum IPSI, Prawbowo Subianto, melantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi pendekar utama pencak silat. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Denpasar, CNN Indonesia -- Presiden Persilat dan Ketua Umum IPSI, Prawbowo Subianto, melantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi pendekar utama pencak silat dalam acara penutupan Kejuaraan Dunia Pencak Silat di Gelanggang Olahraga Lila Bhuana Bali, Kamis (8/12) siang.

Gelar kehormatan itu merupakan pangkat tertinggi dalam dunia silat.

Jokowi yang hadir untuk menutup kejuaraan dunia edisi ke-17 tersebut, memasuki arena pertandingan pada pukul 12.55 WITA diikuti Prabowo Subianto, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.


Berdasarkan pengamatan CNNIndonesia.com, Jokowi sedikit terkejut saat Prabowo memintanya jadi pendekar utama pencak silat.

Jokowi kemudian dibawa ke tengah lapangan silat yang terbuat dari matras berwarna hijau untuk diminta mengenakan udeng Bali, serta menerima sertifikat dan keris bersarung emas. Hal itu bentuk simbolisasi pengangkatan Jokowi sebagai pendekar utama pencak silat.

Jokowi pun menjabat tangan Prabowo, sembari mengungkapkan rasa terima kasih atas gelar yang ia sandang tersebut. Para pengunjung yang ada di GOR mengiringi kembalinya Jokowi ke panggung utama dengan tepuk tangan.

Prabowo mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran Jokowi siang hari itu di tengah kesibukan sebagai kepala negara.

"Kami ingin gunakan kesempatan ini atas nama keluarga besar pencak silat Indonesia. Kami mohon Bapak berkenan menerima gelar sebagai pendekar utama pencak silat. Dengan demikian, tentunya Bapak akan selalu mengawasi, membina, dan membesarkan pencak silat di tahun-tahun yang akan datang," kata Prabowo.

Selain itu, Prabowo juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi, sportivitas, dan hubungan persaudaraan yang telah dibangun di Kejuaraan Dunia Pencak Silat tersebut.

"Juga kami keluarga besar pencak silat dunia dan Indonesia mengucapkan bela sungkawa yang setinggi-tingginya atas musibah yang terjadi di Aceh. Kami mohon Bapak Presiden bisa membawa belasungkawa ini kepada rakyat Aceh, karena kami paham begitu selesai acara ini bapak Presiden akan segera ke daerah terjadinya bencana," ucap Prabowo.

Kejuaraan dunia yang berlangsung pada 3-8 Desember itu diikuti 40 negara. Berikut adalah catatan medali emas yang diraih negara-negara dalam kejuaraan tersebut:

- Indonesia: 12 medali emas
- Vietnam: 5 medali emas
- Malaysia: 3 medali emas
- Singapura: 2 medali emas
- Thailand: 1 medali emas
- Belgia: 1 medali emas (vws/vws)