Timnas Thailand Hanya Pernah Dibobol Boaz dan Lerby

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Jumat, 09/12/2016 15:03 WIB
Bukan hanya menjadi kesebelasan yang paling subur di Piala AFF 2016, Thailand juga punya lini pertahanan kokoh yang sangat sukar ditembus lawan. Timnas Thailand hanya pernah kebobolan dua kali di Piala AFF 2016. (AFP PHOTO / PORNCHAI KITTIWONGSAKUL)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim nasional Thailand melaju ke final dengan meyakinkan. Menghadapi Myanmar yang berstatus sebagai kuda hitam di semifinal Piala AFF 2016, tim Gajah Perang tanpa kesulitan mengempaskan lawan dengan skor 4-0, Kamis (8/12) malam.

Dari dua partai semifinal, Thailand lolos dengan mengemas agregate gol 6-0.

Thailand sendiri memang terlihat dominan di Piala AFF kali ini. Bukan hanya lolos ke final, tim Gajah Perang selalu menang di setiap pertandingan. Teerasil Dangda dan kawan-kawan juga mencetak total 12 gol dan hanya kebobolan dua kali.


Bahkan, dari empat lawan Thailand di turnamen level Asia Tenggara itu, yaitu Indonesia, Singapura, Filipina, dan Myanmar, hanya skuat Merah Putih yang pernah membobol gawang mereka yaitu lewat tandukan Boaz Solossa dan Lerby Eliandry di pertandingan pembuka.

Kokohnya lini pertahanan Thailand itu makin mengesankan mengingat mereka  mengubah nyaris seluruh susunan tim inti di laga terakhir fase Grup A melawan Filipina.

Kala itu penjaga gawang Thailand, Kawin Thamsatchanan, bahkan hanya menyaksikan pertandingan dari bangku cadangan sementara Sinthaweechai Hathairattanakool melakukan beberapa penyelamatan.

Lini pertahanan Thailand sendiri memang telah terbentuk sejak menjuarai Piala AFF 2014 lalu. Pemain-pemain seperti Tristan Do, Teerathon Bunmathan, atau Pratum Chutong akan memastikan lawan-lawan Thailand kesulitan menembus kotak penalti, sementara Kawin yang menjaga gawang pun sukar untuk ditembus.

Salah satu contoh ketangguhan Kawin terlihat ketika Thailand menang 4-0 atas Mymanmar. Ketika Thailand baru unggul 1-0 dan Myanmar terus menggempur untuk mencari gol penyama kedudukan, Kawin melakukan dua penyelamatan gemilang yang menunjukkan kelincahannya di bawah mistar gawang.

Lini pertahanan Thailand ini akan kembali diuji Boaz Solossa dan kawan-kawan yang juga terkenal karena ketajaman di depan gawang. Tim nasional Indonesia selalu sukses membobol gawang lawan-lawannya dan juga jadi tim tersubur kedua di Piala AFF 2016 setelah Thailand.

Partai pertama final akan digelar 14 Desember di Stadion Pakansari sementara leg kedua digelar di Stadion Rajamanggala pada 17 Desember.  

(vws)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK