Diduga Provokasi, Penonton Ditangkap di Pakansari

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Rabu, 14/12/2016 21:51 WIB
Diduga Provokasi, Penonton Ditangkap di Pakansari Seorang penonton ditangkap karena diduga memprovokasi penonton lainnya di Stadion Pakansari. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Cibinong, CNN Indonesia -- Seorang penonton berinisial KN ditangkap petugas keamanan di Stadion Pakansari, Rabu (14/12) malam.

Berdasarkan pengakuan seorang petugas keamanan yang tidak ingin disebutkan namanya kepada CNNIndonesia.com, KN ditangkap karena melempar batu ke arah kerumunan penonton.

"Dia ditangkap karena jadi provokator. Setelah masuk ke dalam stadion, dia melempar batu ke arah kerumunan penonton yang masih mengantre masuk," kata petugas keamanan tersebut.


Atas aksinya itu, KN dibawa ke Pos Keamanan Gerbang Utama Stadion Pakansari. KN membantah telah menjadi provokator.

"Saya tidak suka dengan perlakuan petugas, makanya saya lempar tanah," katanya sebelum dibawa ke Polres setempat.

Berdasarkan pengamatan CNNIndonesia.com, situasi di luar stadion selama laga leg pertama final Piala AFF 2016  antara Indonesia melawan Thailand terpantau aman terkendali. Meski ada sedikit pelanggaran seperti suporter nekad yang masuk stadion dengan memanjat pagar, tapi tidak ada sebuah kerusuhan besar yang terjadi.

Di luar stadion, ada empat layar tancap disediakan di luar stadion bagi mereka yang tidak mendapat tiket. Para suporter tampak antusias meski jalanan becek dan penuh genangan air akibat diguyur hujan yang cukup deras sebelum pertandingan.

Indonesia menang 2-1 atas Thailand di Stadion Pakansari. Salah satu penonton istimewa yang menyaksikan pertandingan tersebut adalah Walikota Bogor, Bima Arya.

"Ya, sesuai prediksi. Sebelumnya saya menduga menang 2-1 dan ternyata menang dengan skor yang saya tebak," kata Bima yang langsung buru-buru pulang menggunakan mobil berwarna putih, kepada CNNIndonesia.com di depan stadion. (vws)