Rizky Pora Tak Pikirkan Gol ke Gawang Thailand

Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 14/12/2016 23:02 WIB
Rizky Pora Tak Pikirkan Gol ke Gawang Thailand Rizky Pora (kanan) mencetak satu gol dan satu assist dalam laga final pertama Piala AFF 2016. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Cibinong, CNN Indonesia -- Pemain sayap tim nasional Indonesia, Rizky Pora, tak mau terlarut dalam keberhasilannya mencetak gol ke gawang Thailand di final Piala AFF 2016. Ia pun tetap meminta rekan-rekan setimnya fokus untuk menghadapi leg kedua pada akhir pekan nanti.

Indonesia menang 2-1 atas Thailand di hadapan 30 ribu penonton yang memadati Stadion Pakansari, Rabu (14/12).

Indonesia sempat tertinggal di babak pertama ketika Teerasil Dangda membobol gawang lewat tandukannya, memanfaatkan umpan Theerathon Bunmathan.


Skuat Merah Putih akhirnya mampu menciptakan gol pada menit ke-65 melalui tendangan jarak jauh Rizky Pora dan kemudian berbalik unggul ketika Hansamu Yama Pranata mencetak gol melalui sundulan pada menit ke-79, menyambut umpan Rizky Pora.

Peran Rizky jelas penting dalam laga tersebut sebagai pencetak satu gol dan satu assist. Tapi ia tak mau mementingkan capaian individual.

"Alhamdulillah, ini berkat kerja keras kami. Pertandingan yang sangat berat. Walaupun kami kalah di babak pertama, tapi kami bisa membalikkan keadaan," kata Rizky seusai pertandingan.

"Soal gol? Saya tidak pernah memikirkan soal gol. Yang penting saya suport pertandingan, fighting spirit, tampil bagus, tampil baik dan memberikan assit untuk tim."

Satu assist yang diciptakan Rizky membuatnya kini bersaing dengan Theerathon Bunmathan sebagai raja assist di Piala AFF 2016. Keduanya sama-sama mengoleksi empat assist dari enam pertandingan.

Status itu, sekaligus gelar juara Piala AFF 2016, akan ditentukan di Stadion Rajamangala pada Sabtu (17/12) nanti.  

"Kami harus fokus lagi karena kami main di kandang mereka, pasti tekanan lebih tinggi. Kami harus lebih fokus lagi," kata Rizky. (vws)