Piala Presiden 2017 di Bawah Kendali PSSI

Jun Mahares, CNN Indonesia | Jumat, 20/01/2017 20:26 WIB
Piala Presiden 2017 di Bawah Kendali PSSI Piala Presiden terakhir kali digelar pada 2015 silam. Kala itu yang keluar sebagai pemenang adalah Persib Bandung. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada yang berbeda dalam gelaran Piala Presiden 2017. Jika tahun lalu turnamen ini dijalankan operator Mahaka Sports, kali ini PSSI sendiri yang akan bertindak sebagai pengendali penuh.
Mahaka sendiri sudah menyodorkan diri sebagai penyelenggara. Sementara Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono juga terbilang mampu untuk menjadi operator turnamen tahun tersebut.

Sebelum menjabat sebagai wakil ketua umum, Joko merupakan CEO dari PT Liga Indonesia atau operator Liga Super Indonesia (ISL). Selain itu ia juga menjabat CEO PT Gelora Trisula Semesta (GTS) yang melahirkan Indonesian Soccer Championship.

Meski demikian, PSSI tak serta merta memilih Liga Indonesia atau GTS sebagai penyelenggara Piala Presiden jilid kedua ini.


"PSSI akan menjalankan langsung Piala Presiden kali ini. Kami sudah siapkan Steering Committee dan Organizing Committee. Rencananya dimulai pada 31 Januari, tapi akan disesuaikan dari hasil pertemuan manajer nanti," kata Sekretaris Jenderal Ade Wellington di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (20/1).

Piala Presiden kali ini akan digelar di lima kota yaitu Bali, Madura, Sleman, Bandung, dan Malang.

"Tapi ada kemungkinan finalnya akan digelar di Stadion Pakansari," ujar Ade.

Turnamen jilid kedua ini rencananya akan diikuti 20 kontestan dengan rincian 18 klub dari ISC A dan dua lainnya dari ISC B, yakni PSS Sleman dan PSCS Cilacap.

PSSI sendiri telah menyatakan turnamen Piala Presiden akan menjadi ajang pramusim untuk kompetisi sepak bola Indonesia (ISL) 2017. Selain itu, Piala Presiden akan menjadi tempat uji coba kebijakan-kebijakan baru PSSI.