Rio Haryanto Masih Punya Secercah Harapan

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Selasa, 31/01/2017 18:23 WIB
Rio Haryanto Masih Punya Secercah Harapan Rio Haryanto (kanan) masih diupayakan bisa tampil di F1 2017. (Manor Grand Prix Racing Ltd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masih ada sedikit harapan bagi Rio Haryanto untuk membalap di kompetisi Formula One (F1) musim ini. Harapan tersebut disampaikan sang manajer, Piers Hunnisett, kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Selasa (31/1) sore.

Hunnisett mengatakan nasib Rio berada di ujung tanduk lantaran tim yang dibelanya musim lalu di F1, Manor Racing, resmi dinyatakan bangkrut pekan lalu setelah tim asal Inggris itu tidak mampu mencari pembeli.
Meski Manor sudah dinyatakan bangkrut, Hunnisett tetap yakin Rio masih punya harapan tampil tampil di F1 musim ini. Hunnisett mengatakan pihaknya masih memperjuangkan nasib Rio untuk musim 2017.

"Saat ini terlalu banyak yang terjadi, semua tergantung dari negosiasi pekan ini. Semua tergantung jika kami bisa membeli Manor pekan ini," kata Hunnisett.


Sebelum bangkrut, Manor telah berupaya ditawarkan ke investor lain lewat perusahaan FRP Advisory di Inggris. Namun, hingga kini tim yang sempat memiliki nama Virgin Racing dan Marussia itu gagal menemukan pembeli. Tanpa kehadiran Manor, maka F1 2017 hanya akan diikuti sepuluh tim.

"Pekan ini batas pendaftaran tim, tapi hal itu bukan masalah. Masalah terbesar adalah mempersiapkan mobil tepat waktu untuk balapan pertama," ucap Hunnisett.
Sementara itu ibunda Rio, Indah Pennywati, mengaku pasrah dengan peluang putranya tampil di F1 musim ini. Indah menyerahkan semuanya kepada Hunnisett.

"Coba tanya ke Piers, dia lebih tahu. Beberapa hari lalu dia bilang suruh tunggu," kata Indah.

F1 2017 akan dimulai di Sirkuit Melbourne, Australia, pada 26 Maret mendatang. Selain Manor, seluruh tim balap F1 sudah memiliki pebalap yang lengkap. (har/bac)