Mobil Baru McLaren F1 Mulai Mengaspal

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 28/02/2017 16:42 WIB
Mobil Baru McLaren F1 Mulai Mengaspal Fernando Alonso menjajal mobil baru McLaren untuk F1 2017. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil McLaren Honda untuk Formula One (F1) musim 2017, MCL32, mulai mengaspal dalam tes di Sirkuit Katalonia, Spanyol, pekan ini. MCL32 menggunakan mesin (power unit) Honda V6 bertenaga 1,6 liter dengan kode RA617H.

Dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com, MCL32 menggunakan desain livery baru pada musim balap tahun ini dengan memadukan oranye dan hitam, serta sedikit sentuhan putih. Sedangkan untuk sasisnya, kode yang digunakan benar-benar baru karena tidak melanjutkan tradisi MP4 seperti tahun-tahun sebelumnya.

MCL32 menggunakan mesin Honda V6 bertenaga 1,6 liter dengan kode RA617H. Mesin tersebut juga dilengkapi dengan turbocharger, teknologi kinetic, dan thermal energy recovery systems (ERS-K) sesuai dengan regulasi balap dari FIA.

Musim ini McLaren memiliki susunan pebalap baru menyusul keputusan vakum yang diambil Jenson Button. Sebagai pengganti Button, McLaren memberi kepercayaan Stoffel Vandoorne sebagai pendamping Fernando Alonso.


Button yang masih memiliki kontrak dengan McLaren hingga 2017, akan berperan sebagai pebalap penguji dan penasihat tim. Button akan ditemani Nobuhara Matsushita dengan status pebalap penguji.

McLaren akan terus melakukan tes di Sirkuit Katalonia hingga 2 Maret mendatang. Sedangkan tes kedua diselenggarakan pada 7-10 Maret 2017 di tempat yang sama. Balapan pertama musim ini akan berlangsung di Australia pada 26 Maret 2017. (har)