Presley Martono Bidik Tiga Besar Formula Renault 2.0

M. Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 09/03/2017 19:55 WIB
Presley Martono Bidik Tiga Besar Formula Renault 2.0 Presley Martono pasang target masuk tiga besar di Formula Renault 2.0 musim ini. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai juara Formula 4 South East Asia (F4 SEA) 2016/2017, pebalap muda Indonesia Presley Martono bersiap untuk naik tingkat ke balapan Eurocup Formula Renault (FR) 2.0 2017. Di sana, ia bergabung dengan tim asal Inggris, Mark Burdett Motorsport.

Presley mengaku percaya diri menyambut penampilan perdananya di kompetisi balap internasional itu.

"Persiapannya latihan fisik setiap hari, lebih mempelajari mobil yang karakteristiknya beda jauh dari mobil sebelumnya -- misalnya dari sisi tenaga yang lebih besar. Sebenarnya target pribadi adalah peningkatan di setiap balapan yang saya jalani. Kalau urutan tiga besar itu bonus, jadi saya harap bisa mewujudkannya," kata Presley kepada para awak media di Kuningan, Rabu (9/3) sore.


Tim Mark Burdett Motorsport adalah satu-satunya dari sembilan tim peserta FR 2.0 musim ini yang memakai dua pebalap. Dalam tim tersebut, Presley satu tim bersama pebalap Polandia, Julia Pankiewicz.

"Mark Burdett Motorsport merupakan tim yang bagus. Mereka memang bukan tim papan atas, tetapi punya banyak pengalaman dengan mobil yang akan dipakai musim ini," ujar Presley.

"Saya sendiri memang lebih suka dengan isi tim yang tidak terlalu banyak (tim lainnya berisi 3-4 pebalap), balapan ini sangat kompetitif. Dengan hanya dua pebalap dalam satu tim, perhatian ke saya juga akan lebih besar," ujarnya menambahkan.

Sementara itu ayah Presley, Perry Martono pun berpendapat anaknya dapat bersaing dengan pebalap dari negara lain di Eurocup Formula Renault 2.0.

"Dari 30 pebalap yang tampil, persaingan akan sangat kompetitif. Sebagian besar pebalap di sana juga merupakan teman-teman Presley di gokart yang memiliki kemampuan balapan sangat baik," ucap Perry.

"Target tentunya tiga besar sudah baik sekali, kami sudah bersyukur. Seperti kemarin di Formula 4, jadi juara itu bonus untuk Presley," ucapnya melanjutkan.

FR 2.0 2017 terdiri dari 10 seri dengan total 23 balapan.

Presley akan lebih dulu menjalani tes pramusim di CIrcuit de Nevers Magny-Cours, Perancis, pada 15-16 Maret. Setelah itu, Presley akan melanjutkan tes lagi di CIrcuit Paul Ricard (Perancis), Nurburgring (Jerman), dan Monza (Italia), sebelum balapan seri pertama di Monza pada 21-23 April.

"Pada musim pertama ini, saya berharap Presley akan bisa menguasai trek-trek terkenal di Eropa yang nantinya akan berguna saat dia menjalani karir balap selanjutnya," tutur Perry. (ptr)


BACA JUGA