Ezra Bisa Tampil Lawan Myanmar Tanpa Sumpah WNI

M. Arby Rahmat , CNN Indonesia | Selasa, 21/03/2017 09:49 WIB
Ezra Bisa Tampil Lawan Myanmar Tanpa Sumpah WNI Ezra Walian sudah bisa membela Timnas Indonesia pada laga lawan Myanmar meskipun belum mengucapkan sumpah setia. (Screenshoot via Instagram/@ezrawalian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesepak bola muda Indonesia, Ezra Walian, bisa tampil lawan Myanmar dalam laga uji coba di Stadion Pakansari pada Selasa (21/3) sore, meski dirinya belum melakukan sumpahnya sebagai warga negara Indonesia. Demikian yang disampaikan manajer Ezra di Indonesia, Wide Putra Ananda, kepada CNNIndonesia.com .

"Bisa. Peraturannya bila sudah ada Keppres (Keputusan Presiden) karena ini laga persahabatan. PSSI sudah konfirmasi ke AFC dan FIFA begitu yang disampaikan pada kami," kata Wide melalui pesan singkat.

Ezra memiliki peluang besar melakoni laga debut bersama timnas Indonesia karena proses naturalisasi pemuda berusia 19 tahun itu untuk menjadi WNI itu telah rampung seluruhnya. Naturalisasinya itu tertuang lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5/PWI Tahun 2017 yang dikeluarkan pada Senin, 20 Maret 2017.

Pemuda yang bernama lengkap Ezra Harm Ruud Walian itu pun diminta bersumpah atau janji setia paling telat tiga bulan setelah dokumen tersebut diterimanya. Jika tak dilakukan setelah tiga bulan, status WNI bagi Ezra akan hangus.


Wide pun mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI, Pak Joko Widodo, Pimpinan DPR RI, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Pihak Imigrasi, Ketua Umum PSSI Edy Rachmayadi, Sekjen PSSI Ade Welington, Wasekjen Fanny Riawan, Marco Paulo, serta seluruh jajaran PSSI lainnya yang sudah menerima dan menyambut baik niat Ezra untuk mewujudkan mimpi membela Timnas Indonesia.

"Mereka membantu proses hingga per hari ini Ezra Walian dan Glenn Walian menjadi warga negara Indonesia. Terimakasih atas kepercayaannya. Dan juga kepada seluruh pihak terkait yang terlibat dalam mensukseskan proses ini," ucap Wide.

"Tidak lupa kami juga berterimakasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang mendoakan agar Ezra dapat segera membela Timnas. Sekarang tinggal Ezra membuktikan kepercayaan tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia dan memberikan kemampuan maksimal untuk meraih prestasi tertinggi bagi Indonesia," ucapnya melanjutkan.


Selain itu Wide juga berharap para pecinta sepak bola Indonesia terus mendukung Timnas Indonesia pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur.

"Semoga mendapatkan Medali Emas kembali setelah 26 tahun," katanya lagi.
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Era Baru Timnas Indonesia