Barcelona Terancam Tanpa Rafinha Lawan Juventus

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Senin, 03/04/2017 11:55 WIB
Barcelona Terancam Tanpa Rafinha Lawan Juventus Rafinha bagian penting dari strategi 3-4-3 yang diterapkan Luis Enrique di Barcelona musim ini. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona terancam tidak akan diperkuat winger asal Brasil, Rafinha, saat menghadapi Juventus pada perempat final Liga Champions, 11 April dan 19 April mendatang. Rafinha mengalami cedera lutut saat Barcelona mengalahkan Granada di Stadion Nuevo Los Carmenes, Minggu (2/4) malam waktu setempat.

Rafinha hanya bermain 16 menit saat Barcelona mengalahkan Granada 4-1. Pihak klub menyatakan winger 24 tahun itu mengalami masalah di bagian meniscus, dengan pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan hari ini, Senin (3/4).

Pelatih Barcelona, Luis Enrique, mengatakan hasil pemeriksaan terakhir menyatakan cedera yang dialami Rafinha tidak terlalu serius. Tapi, Enrique tidak menutup kemungkinan adik kandung Thiago Alcantara itu akan absen lama.

"Pada dasarnya, cedera Rafinha tidak terlalu serius. Tapi, cedera yang dialaminya bisa membuatnya absen beberapa pekan ke depan, yang artinya pukulan telak buat kami," ujar Enrique seperti dilansir ESPN.


Rafinha merupakan bagian penting dari perubahan strategi Enrique musim ini. Pemain timnas Brasil itu tampil sebagai sayap kanan dalam formasi 3-4-3 yang diterapkan Enrique.

Sayangnya, Rafinha tidak beruntung dengan cedera musim ini. Winger yang sempat dipinjamkan ke Celta Vigo itu pernah mengalami cedera tulang rusuk, achilles, retak tulang hidung, dan cedera paha musim ini.

Posisi Rafinha ketika melawan Granada digantikan Paco Alcacer. Mantan pemain Valencia itu tampil apik dengan mencetak satu gol dan satu assist yang dimanfaatkan Neymar.

Barcelona sendiri akan menghadapi jadwal ketat sepanjang April 2017. Selain menghadapi Juventus di perempat final Liga Champions, Blaugrana akan menjalani El Clasico melawan Real Madrid (23 April) dan Derby Katalonia menghadapi Espanyol (30 April).