Odemwingie Hanya Ingin Cetak Gol untuk Kemenangan Tim

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Selasa, 04/04/2017 01:45 WIB
Berbeda dengan Carlton Cole, yang ingin mencetak 20 gol di Persib, marquee player Madura United, Peter Odemwingie hanya berhasrat gol untuk kemenangan timnya. Mantan penyerang West Bromwich Albion Peter Odemwingie (ketiga dari kiri) menjadi marquee player bagi Madura United. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Jakarta, CNN Indonesia -- Madura United telah resmi mendatangkan mantan penyerang timnas Nigeria, Peter Odemwingie untuk kompetisi Liga 1 2017.

Dalam perkenalan kepada publik di Jakarta, pria berusia 35 itu mengatakan dirinya tak menargetkan bisa memberi banyak gol bagi Madura. Namun, sambung Odemwingie, ia hanya berhasrat mencetak gol demi kemenangan tim dengan julukan Laskar Sape Kerap tersebut.

"Bagi saya, saya lebih suka mencetak gol di mana tim saya memenangkan pertandingan tersebut. Saya tidak suka cetak banyak gol tapi tim kami kalah,” ujar Odemwingie dalam jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (3/4).


"Saya lebih baik mencetak satu gol dan tim kami menang. Saya ingin mencatatkan gol-gol penting, itulah cara saya mencetak angka," katanya menambahkan.

Pernyataannya tersebut menanggapi target yang terlontar dari mulut mantan penyerang West Ham United, Carlton Cole, agar dapat mencetak hingga 20 gol untuk Persib.

"Saya tidak tahu apa-apa soal Cole yang target cetak 20 gol di Persib, tapi mudah-mudahan saya pun dapat menyentuh angka itu bersama Madura United,”

Odemwingie dikontrak selama setahun bersama Madura United. Serupa dengan polah klub-klub Indonesia pada umumnya, manajemen Madura pun enggan membeberkan nilai kontrak mantan pemain Timnas Nigeria di Piala Dunia 2010 dan 2014 tersebut.

Kiprahnya di Piala Dunia, serta pernah bermain di kompetisi elite dunia yakni Liga Inggris membuat Odemwingie menjadi marquee player bagi Madura.

Dalam jalan kariernya, Odemwingie pernah bermain di 10 klub sebelum berlabuh di Madura. Ia mengawali kariernya bersama tim Nigeria, Bendel Insurance pada 2000 silam. Setelah itu ia bermain di Belgia kurun waktu hampir lima musi bersama La Loviere dan Lille.

Sempat tiga musim bermain di Rusia bersama Lokomotiv Moscow, Odemwingie mulai melakoni masa keemasan kariernya sejak 2010 silam. Ia hijrah ke West Bromwich Albion dan malang melintang di Inggris hingga 2016 silam. Di Inggris, selain bersama West Brom, Odemwingie pernah memperkuat Cardiff, Bristol City , Stoke City, dan terakhir Rotherham United.

Selain pernah membela West Brom, Odemwingie tercatat pernah merumput di klub-klub Liga Inggris. Klub tersebut antara lain, Cardiff City, dan Stoke City.

Di Stoke pada 2014 hingga 2016, ia juga pernah bermain bersama Peter Crouch dan Xherdan Shaqiri. Klub terakhir yang dibelanya sebelum bergabung bersama MadUtd adalah klub divisi Champonship, Rotherham United.

Sepanjang kariernya, Odemwingie telah bermain 388 kali, mencetak 103 gol, dan menyumbang 54 assist. Ia pernah merasakan bermain di Liga Champions Eropa bersama Lille. Kala itu total dia bermain 21 kali, mencetak empat gol, dan empat assist.

Di level timnas, Odemwingie yang mengantongi 62 caps sejak debut pada 4 Mei 2002 silam telah mencetak 11 gol.


BACA JUGA