Ketum PSSI Ingin Masyarakat Antusias Sambut Liga 1 2017

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Senin, 10/04/2017 16:56 WIB
Ketum PSSI Ingin Masyarakat Antusias Sambut Liga 1 2017 Liga 1 2017 bakal mulai digelar pada 15 April 2017. Kompetisi yang diikuti 18 klub itu bakal berlangsugn hingga 12 November 2017. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1, akan mulai digelar sejak akhir pekan ini. Partai antara Persib dan Arema FC bakal menjadi pembuka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (15/4).

Jelang gelaran tersebut, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi berharap masyarakat Indonesia--khususnya penggemar bola--menyambut kompetisi tersebut. Bukan hanya itu, dengan menggaet sponsor yang merupakan perusahaan berbasis teknologi, Go-Jek dan Traveloka, diharapkan bisa memberi andil untuk menarik minat masyarakat.

"Kami berharap Go-Jek Traveloka Liga 1 mampu meningkatkan kembali rasa antusias masyarakat terhadap persepakbolaan nasional, khususnya generasi muda," kata Edy, Senin (10/4).

Liga 1 yang merupakan kompetisi kasta tertinggi Indonesia diikuti 18 klub dan akan bergulir selama 34 pekan pertandingan. Kompetisi itu akan mencapai puncaknya pada 12 November 2017.


Ketum PSSI Ingin Masyarakat Antusias Sambut Liga 1 2017Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi saat menghadiri peluncuran Liga 1 2017 di Hotel Fairmont, Jakarta, 10 April 2017. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Adapun 18 klub yang ikut adalah Arema FC, Bali United, Barito Putera, Bhayangkara FC, Madura United, dan Mitra Kukar. Selanjutnya adalah Persiba Balikpapan, Persib Bandung, Persela Lamongan, Persegres Gresik United, Perseru Serui, Persija Jakarta, dan Persipura Jayapura. Lalu ada pula Pusamania Borneo FC, PS TNI, PSM Makassar, Semen Padang, serta Sriwijaya FC.

Sampai saat ini, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) masih melakukan verifikasi kepada klub-klub tersebut. Verifikasi dari BOPI adalah syarat untuk mengeluarkan surat rekomendasi terhadap penyelenggaraan kompetisi.

Nantinya, data yang sudah terverifikasi BOPI itu bakal dilaporkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi maksimal pada Selasa (11/4).

Para klub juga harus menyerahkan dokumen kontrak kerja. PT Liga Indonesia Baru selaku operator dan seluruh klub peserta harus menyerahkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), serta bukti pembayaran dan pelunasan pajak.

Jika sejumlah persyaratan tersebut lengkap, Menpora segera memberikan rekomendasi kepada operator liga. Sebaliknya ketika syarat itu tak terpenuhi, Menpora akan memanggil BOPI, PSSI, dan PT LIB untuk menyelesaikan persoalan tersebut.
'
Persoalan verifikasi sempat membuat sepak bola di Indonesia terhenti pada 2015 silam. Kala itu, Kemenpora membekukan kepengurusan PSSI yang kala itu dipimpin ketua umum La Nyalla Mattalitti.

Pembekuan PSSI itu pun berujung Indonesia menerima sanksi FIFA dan baru dicabut pada Mei tahun lalu.