Posisi Persib di Puncak Liga 1 Terancam PSM dan Arema

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Rabu, 10/05/2017 13:35 WIB
Posisi Persib di Puncak Liga 1 Terancam PSM dan Arema Arema akan melawat ke markas PSM Makassar dalam lanjutan laga Liga 1 2017. Pemenang laga antara PSM dan Arema bakal menggeser Persib sebagai pemuncak klasemen sementara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSM Makassar dan Arema FC bakal bertarung untuk merebut posisi Persib Bandung yang kini berada di puncak klasemen sementara Liga 1 2017. PSM akan menjamu juara Piala Presiden tersebut di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu (10/3) malam.

Pemenang dari laga yang kick-off dijadwalkan pukul 18.30 WIB tersebut bisa dipastikan bakal menggeser Persib dari posisi puncak klasemen sementara.

Pasalnya, saat ini PSM dan Arema berada di peringkat dua dan tiga dengan nilai yang sama yakni 10 poin. Sementara Persib puncak klasemen dengan 11 poin.


Hingga petang ini ketiga tim tersebut sama-sama belum pernah terkalahkan. Persib sudah mengantongi tiga kemenangan dan dua kali seri.

Sementara itu, PSM dan Arema jelang laga pada malam nanti memiliki rekor yang sama yakni tiga kemenangan dan satu imbang. Perbedaannya adalah PSM lebih unggul produktivitas gol dibandingkan Arema.

Jelang laga malam ini, Arema datang ke Makassar dengan rekor cukup baik. Tim asuhan Aji Santoso itu belum pernah kebobolan sekalipun sepanjang Liga 1. Selain itu, tim berjulukan Singo Edan itu memiliki tren positif di Makassar dalam tujuh tahun terakhir.

Sementara PSM tak pernah menang selama tujuh tahun terakhir kala menjamu Arema. Bahkan, dalam dua pertemuan terakhir--termasuk dalam ISC 2016 silam--PSM takluk di hadapan Arema.

Namun jelang laga nanti pelatih PSM , Robert Rene Alberts, optimistis barisan penyerangnya mampu menjebol gawang Arema.

"Kami respek dengan kenyataan tanpa kebobolan yang dimiliki Arema. Namun hal itu justru menjadi penambah motivasi bagi kami khususnya para penyerang untuk bekerja lebih keras dalam membongkar pertahanan lawan. Saya optimistis dengan potensi para penyerang PSM," ujar Rene Albert seperti dikutip dari Antara.

Posisi Persib di Puncak Klasemen Terancam PSM dan AremaPelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts. (CNN Indonesia/Ahmad Bachrain)
Optimisme Albert pun bertambah karena penyerang Brasil berpaspor Australia, Reinaldo Elias da Costa, sudah bisa dimainkan kembali. Sebelumnya Da Costa sempat mengalami kesulitan karena pingsan usai disikut lawan dalam laga terakhir melawan Perseru Serui.

Albert pun berharap pemain ke-12 yang berada di tribune alias suporter PSM akan mampu meneror mental skuat Arema sehingga bermain tak baik. Juru taktik asal Belanda itu berharap status tuan rumah yang didukung penuh suporter dapat pula meningkatkan motivasi skuat Juku Eja di hadapan Arema.

"Arema tentunya juga punya ambisi untuk mencuri poin, begitupun dengan kita yang juga bertekad mendapatkan catatan bagus dengan sebuah kemenangan di kandang. Saya kira akan menjadi sebuah kebanggaan jika bisa mengalahkan Arema di pertandingan nanti," ujar Rene Alberts.

Arema Tak Khawatir Tekanan Suporter PSM

Sementara itu juru taktik Arema Aji Santoso menegaskan skuatnya tak akan mengkhawatirkan tekanan suporter PSM.

"Soal pengaruh tekanan suporter, bagi saya jika suporter meluber hingga ke pinggir lapangan justru itu yang menarik. Artinya pertandingan memang punya gengsi dan memang ditunggu, sebaliknya jika penonton sepi, maka pertandingan juga terkesan membosankan," kata Aji yang pernah ikut membawa PSM jadi juara liga pada musim 1999/2000.

"Asalkan tentu saja sesuai dengan aturan, tidak ada aksi lempar-lempar, bakar kembang api dan sebagainya. Jika soal teriak-teriak, hal itu normal dan dimana saja memang seperti itu khususnya dalam sebuah pertandingan besar."


Posisi Persib di Puncak Klasemen Terancam PSM dan AremaPelatih Arema FC, Aji Santoso. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat)
Menghadapi PSM, Arema FC memboyong 20 pemain yakni Kurnia Meiga, Utam Rusdiyana (kiper), Arthur Cunha, Jad Noureddine, Johan Ahmat Farizi, Benny Wahyudi, Junda Irawan, Syaiful Indra Cahya yang mengisi posisi belakang.

Selanjutnya untuk posisi gelandang, Aji membawa Adam Alis, Hendro Siswanto, M Rafli, Ferry Aman Saragih, Esteban Vizcarra, Andrianto, Dendi Santoso, serta Ahmad Bustomi.

Adapun di lini depan, ia membawa mempercayakan kepada Cristian Gonzales, Dedik Setiawan, Dalmiansyah Matutu, serta pemain marquee Juan Pablo Pino.

Hal yang jadi sorotan adalah di lini pemain muda yang wajib dimainkan. Pasalnya, tiga penggawa muda yang biasa jadi pemain inti Arema masih mengikuti pelatnas Timnas Indonesia U-22.

Adapun tiga pemain muda Arema yang harus absen dalam laga penting di Makassar yakni Bagas Adi, Hanif Sjahbandi, dan Nasir.

"Memang kehadiran tiga pemain timnas itu dalam Arema memberikan peran, namun sekali lagi saya jelaskan jika saya memang tidak pernah mengandalkan satu-dua pemain saja. Artinya kami tidak perlu bingung jika pemain absen karena sepak bola merupakan permainan tim," kata Aji.

Satu hal yang pasti, siapa pun pemenang laga antara PSM dan Arema, dia akan menggeser Persib dari posisi puncak klasemen sementara Liga 1 2017 pada pekan pertandingan kelima ini.