Perdebatan Klasik Pangeran Terbaik: Del Piero atau Totti

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Senin, 29/05/2017 19:33 WIB
Perdebatan Klasik Pangeran Terbaik: Del Piero atau Totti Akhir pekan lalu Francesco Totti (kiri) akhirnya gantung sepatu di usia 40. Perdebatan lama pun muncul lagi seiring pensiunnya Totti yakni perbandingan dirinya dan Del Piero (kanan). (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Francesco Totti akhirnya sampai pada garis akhir titik dirinya keluar dari lapangan hijau untuk selamanya. Pria berusia 40 itu telah menjalani karier sepak bola sejak 25 tahun silam dan berakhir pada Minggu (28/5) dengan kemenangan atas Genoa di Stadion Olimpico.

Totti menghabiskan karier sepak bolanya di tim ibu kota Italia tersebut.

Sepanjang kariernya, Totti memang tak bergelimang trofi di tingkat klub seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Namun, kehadiran Totti telah menjadi sebuah mitos bagi sepak bola Italia.


Ia bisa menyingkirkan fantasista yang pernah dimiliki Juventus, Alessandro Del Piero sebagai mitos dari sepak bola Italia di dekade 1990-2000an.

Bicara tentang Del Piero, kedua sosok itu selalu disandingkan sejak awal dekade 1990 silam saat keduanya masih remaja fenomenal.

Ada pertanyaan di Italia pada dekade 1990 hingga 2000 silam. Siapa pangeran terbaik, siapa nomor 10 terbaik, siapa penyerang terbaik di Italia antara Totti dan Del Piero?

Mencari Pangeran Terbaik, Del Piero atau TottiAlessandro Del Piero besar dan berjaya bersama Juventus, sementara Francesco Totti bersama AS Roma. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Jika merujuk pada jumlah trofi, Totti kalah jauh dari Del Piero. Dalam pencapaian Scudetto, Del Piero merasakannya hingga enam kali bersama Juventus sementara Totti hanya sekali bersama Roma.

Begitu pun dalam total trofi yang pernah diraih. Totti hanya meraih tiga trofi semuanya di kompetisi domestik, sementara Del Piero sudah 16 trofi mayor termasuk satu Liga Champions.

Namun, juru taktik legendaris Italia, Fabio Capello seperti dikutip dari Goal pernah menyatakan, "Satu Scudetto di Roma sama artinya dengan 10 di Turin."

Saat ini, persaingan Del Piero dan Totti mungkin bisa disandingkan dengan persaingan Cristiano Ronaldo (Real Madrid) dan Lionel Messi (Barcelona).

Persaingan Del Piero dan Totti pun berimbas pada susunan skuat di timnas Italia. Kehadiran keduanya kerap mengundang perdebatan di Negara Pizza siapa yang berhak berada pada posisi nomor punggung 10, Del Piero atau Totti.

Del Piero yang dua tahun lebih tua dibandingkan Totti lebih dulu merasakan debut timnas Italia. Ia debut pada usia 20 di bawah kepelatihan Arrigo Sacchi. Sementara Totti merasakan debut pada usia 22 di bawah kepelatihan Dino Zoff.

Mencari Pangeran Terbaik, Del Piero atau TottiPerbandingan antara Francesco Totti dan Alessandro Del Piero pun mencuat hingga posisi mereka di timnas Italia. (AFP PHOTO GERARD JULIEN)

Totti pun menggeser Del Piero dari posisi penyerang utama timnas Italia ketika menjuarai Piala Dunia 2006. Padahal, sebelumnya nomor 10 timnas Italia selalu lekat dengan punggung Del Piero.

Dalam Piala Dunia di Jerman itu, Totti adalah fantasista untuk mendukung penyerang utama, Luca Toni. Del Piero yang diberi nomor punggung 7 menjadi cadangan dirinya. Padahal, saat itu, Totti disebut bermain dalam kondisi 30 persen fit terkait cedera yang dialami sebelum Piala Dunia 2006.

Memang sulit menentukan siapa terbaik antara Del Piero dan Totti. Andai pilihannya dari pencapaian pribadi, Totti lantas disemat sebagai yang terbaik di antara mereka berdua.

Totti dua kali terpilih sebagai pesepak bola terbaik di Serie A (2000 dan 2003) sementara Del Piero belum. Kemudian sebagai pesepak bola Italia terbaik di Serie A, Totti terpilih lima kali sementara Del Piero dua kali.


BACA JUGA