Pembangunan Arena Belum Selesai, Test Event Asian Games Molor

Aulia Bintang Pratama , CNN Indonesia | Senin, 29/05/2017 17:17 WIB
Pembangunan Arena Belum Selesai, Test Event Asian Games Molor Test event gelaran Asian Games yang seharusnya digelar pada akhir 2017 bakal molor hingga tahun depan karena pembangunan arena yang akan dipakai belum selesai. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Test event gelaran Asian Games yang seharusnya digelar pada akhir 2017 bakal molor hingga tahun depan. Hal itu terjadi karena arena-arena yang bakal dipakai guna Asian Games 2018 di Indonesia belum selesai seluruhnya.

Ketua Pelaksana Asian Games di Indonesia (INASGOC) Erick Thohir mengatakan test event itu memang baru bisa digelar setelah arena selesai 100 persen.

"Dari laporan Menteri PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] ini kebanyakan (arena) selesai pada 31 Desember [2017] jadi tak mungkin test event dilakukan lebih awal kalau fasilitasnya belum selesai," kata Erick saat ditemui di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin (29/5).

Erick menjelaskan test event dilakukan untuk menguji semua fungsi dari arena-arena itu untuk menggelar Asian Games.

Atas dasar bakal molornya test event tersebut, Erick mengungkapkan INASGOC berencana mengundang cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games untuk membicarakannya.

Nantinya INASGOC juga akan melapor ke OCA bahwa agenda test event akan disesuaikan pada arena yang sudah siap.

"Nanti akan dilaporkan ke OCA bahwa agendanya sesuai dengan venue [arena] yang siap dan test eventnya di Jakarta," kata Erick.

Sementara itu Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengatakan beberapa arena dan sarana untuk AG2018 sudah ada yang mendekati selesai pembangunannya. Salah satu di antaranya adalah Wisma atlet yang sudah mencapai 80 persen.

Sementara arena cabang olahraga akuatik ditargetkan selesai pada Oktober atau Desember mendatang.

"Venue semua sesuai dengan target, GBK sudah berjalan 68,8 persen," ujar Puan.

"Kami persiapkan test event pada awal 2018 dan totalnya ada 10 cabang olahraga. Semua sesuai target dan tak masalah."