Jelena Ostapenko Juara Perancis Terbuka

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Sabtu, 10/06/2017 23:00 WIB
Jelena Ostapenko Juara Perancis Terbuka Jelena Ostapenko juara Perancis Terbuka 2017. (Reuters / Gonzalo Fuentes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petenis muda Latvia Jelena Ostapenko meraih gelar juara tunggal putri Perancis Terbuka 2017, Sabtu (10/6) malam waktu setempat. Petenis 20 tahun itu mengalahkan lawan tangguh Simona Halep tiga set, 4-6, 6-4, dan 6-3.

Ini merupakan titel pertama bagi Ostapenko di ajang Grand Slam Roland Garros WTA lapangan tanah liat yang ia dapatkan setelah mengalahkan lawan berpengalaman.

Halep sempat memenangkan set pertama dengan skor 6-4 dalam waktu 36 menit. Petenis putri asal Rumania itu mendominasi Ostapenko, yang kalah pengalaman dibandingkan Halep.

Halep juga banyak mendapatkan poin dari kesalahan-kesalahan sejumlah pukulan Ostapenlo. Meski demikian, Osrapenko sempat memberikan perlawanan sengit saat kedudukan 4-3 untuk Halep pada set pertama.


Melalui reli panjang, Ostapenko sempat menyamakan nilai menjadi 4-4 setelah pukulan Halep mengenai net.

Memasuki set kedua, Halep dengan nyaman menambah angka demi angka hingga unggul 3-0. Namun, Ostapenko yang tidak terlalu diunggulkan ogah menyerah.

Ia bahkan mengejar angka demi angka perolehan Halep pada set tersebut  dan berhasil menyamakan kedudukan. Ostapenko bahkan berbalik unggul 4-3 dengan pukulan backhand yang tak bisa dikembalikan Halep usai skor 40-40.

Ostaoenko juga kembali unggul 4-5 setelah kedudukan sama kuat jadi 4-4 pada set kedua. Petenis  asal Latvia itu memperpanjang permainan setelah menang 6-4 pada set kedua.

Set ketiga juga tak kalah sengit. Halep kembali berusaha mendominasi Ostapenko. Namun, petenis muda itu masih amat tangguh untuk ditaklukkan.

Alhasil, Ostapenko yang justru merebut set ketiga dengan kemenagan meyakinkan, 6-3. Ia menutup set tersebut dengfan backhand yang tak mampu dikembalikan petenis 25 tahun itu.