Persib Gandeng Klub Australia Adelaide United

Ahmad Bachrain | CNN Indonesia
Kamis, 15 Jun 2017 10:21 WIB
Persib menjalin kerja sama dengan klub kompetisi kasta tertinggi Australia, Adelaide United. Kerja sama itu difasilitasi masing-masing pemerintah provinsi. Persib Bandung jalin kerja sama dengan klub Australia, Adelaide United. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persib Bandung resmi menjalin kerja sama dengan salah satu klub Liga Australia (A-League) Adelaide United. Adalah pemerintah Provinsi Jawa barat dan Australia Selatan yang berinisiatif mempertemukan dua klub elite di masing-masing negara itu.

Seperti dilansir dari situs resmi klub, pemerintah provinsi dari Indonesia dan Australia itu sebenarnya sudah menjalin kerja sama sejak tiga tahun lalu. Kerja sama itu meliputi bidang perdagangan, ekonomi, sosial budaya, dan olahraga.

Khusus untuk bidang olahraga, kerja sama baru bisa diwujudkan tahun ini. Salah satu bentuk kerja samanya adalah setiap pemerintah provinsi merekomendasikan klub Persib dan Adelaide United untuk menjalin hubungan saling menguntungkan.

Sebagai tahap awalnya, CEO Adelaide United Grant Mayer baru saja melakukan pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, pada Selasa (13/6) lalu di Gedung Sate.


Berikutnya pada hari yang sama, Mayer juga berkunjung ke Graha Persib untuk menemui Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Zainuri Hasyim, manajer Umuh Muchtar, dan General Manager Yoyo S. Adiredja.

Kedua pihak pun saling bertukar pikiran dan cerita tentang kondisi sepak bola di Australia dan Indonesia, khususnya Adelaide United dan Persib.

Salah satu yang bakal digagas dalam tahap awal kerja sama kedua klub di antaranya adalah laga persahabatan yang akan direncanakan.

Laga tersebut bisa digelar di Bandung, atau sebaliknya, bisa pula dilaksanakan di Adelaide. Mantan klub Sergio van Dijk itu juga akan memberikan klinik kepelatihan kepada para pemain dan pelatih Maung Bandung.

"Kami lihat perkembangan dan perjalanan ke depan seperti apa, karena kerja sama ini tetap melibatkan pemerintah provinsi Jabar dan Australia Selatan," ujar Zainuri dikutip dari situs resmi klub.

Adelaide United memiliki prestasi tertinggi tembus ke final Liga Champions Asia 2008. Namun, prestasinya tahun ini menurun.

Klub tersebut hanya mampu finis di peringkat ke-9 dari 10 tim kontestan A League musim ini.
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER