Presiden La Liga Minta Cristiano Ronaldo Tak Pergi

Dika Dania Kardi , CNN Indonesia | Senin, 19/06/2017 20:30 WIB
Presiden La Liga Minta Cristiano Ronaldo Tak Pergi Cristiano Ronaldo sedang terjerat tudingan skandal penggelapan pajak oleh jaksa di Spanyol. (Reuters/Susana Vera)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kekesalan Cristiano Ronaldo atas tudingan penggelapan pajak oleh jaksa Spanyol membuat bintang Portugal itu dirumorkan berniat hengkang dari La Liga.

Setelah itu, Real Madrid mencoba membela pria bernomor punggung 7 itu agar tak pergi dari La Liga, dan mengklaim tindakannya terkait pajak sudah benar serta sesuai aturan.

Belakangan, Presiden otoritas liga sepak bola Spanyol, La Liga, Javier Tebas pun berupaya menjaga Ronaldo tetap bermain di sana. Serupa pernyataan resmi Real Madrid, Tebas pun yakin Ronaldo tak bersalah.

“Saya tahu orang-orang di sekitar Cristiano Ronaldo, bagaimana profesionalnya mereka, dan dari apa yang saya baca berdasarkan laporan dari agen pajak Spanyol… Saya tak ragu bahwa Cristiano Ronaldo tak bersalah,” ujar Tebas kepada La Sexta seperti dikutip dari ESPN FC.

Tebas menilai andai Ronaldo hengkang, itu akan menjadi kerugian besar bagi sepak bola Spanyol, terutama La Liga. Tak bisa dipungkiri, Ronaldo adalah salah satu daya tarik terbesar sepak bola Spanyol yang didominasi Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid tersebut.

“Ketika satu pergi, anda akan melihat betapa penting klub-klub besar dan bintang-bintang mereka. Saat ini, kami [La Liga] mencoba memperluas pertumbuhan internasional dan ini akan menjadi kehilangan  yang sulit diatasi pada musim selanjutnya,” kata Tebas.

“Di Liga Spanyol, kami memiliki para pesepak bola terbaik di masa kini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dan kami ingin menjaga mereka. Saya harap dia bisa mengatasi masalah ini dan saya percaya pada Cristiano Ronaldo dan timnya,” sambung Tebas.

Pada musim panas lalu, Tebas pun membela Messi yang tersangkut skandal pajak. Messi dan ayahnya dituding otoritas Pajak Spanyol telah menggelapkan pajak hingga €4,1 juta.