Menpora Berharap Galadesa Lahirkan Atlet Nasional

Titi Fajriyah & Antara, CNN Indonesia | Jumat, 07/07/2017 20:30 WIB
Menpora Berharap Galadesa Lahirkan Atlet Nasional Menpora RI Imam Nahrawi berharap Galadesa bisa melahirkan atlet-atlet nasional. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menpora Imam Nahrawi menyebut bakal hadir dalam ajang pembukaan Galadesa di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (19/7). Ini jadi rangakian program Galadesa yang sudah dimulai sejak 14 Mei 2017.

"Insya Allah saya akan hadir," ucap Menpora Imam melalui pesan singkat kepasa CNNIndonesia, Jumat (7/7).

Imam berharap, program Galadesa yang diusungnya tahun ini bisa membuahkan hasil positif bagi pembibitan atlet nasional ke depannya.

"Agar pemerintah bisa melihat bibit atlet itu benar-benar muncul dan semakin banyak yang berasal dari desa. Sehingga anak-anak di desa bisa memperlihatkan kehebatannya," ujar Imam.


Kabupaten Musi Banyuasin sendiri menjadi salah satu dari beberapa daerah tuan rumah untuk gelaran Galadesa.

Dilansir dari Antara, Plt Sekda Musi Banyuasin Apriyadi mengatakan, sebelumnya Kemenpora menunjuk daerahnya untuk menggelar salah satu gelaran Galadesa.

"Kabupaten ini ditunjuk Kemenpora menjadi salah satu daerah penyelenggara turnamen Gala Desa, untuk melaksanakan turnamen dalam rangka menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017 diminta instansi terkait terus melakukan berbagai persiapan," kata Apriyadi seperti dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan, Kementerian Pemuda dan Olahraga menunjuk Pemkab Musi Banyuasin, menjadi salah satu daerah penyelenggara turnamen Gala Desa.

Turnamen dalam rangka menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017 ini direncanakan digelar hingga September 2017 di berbagai daerah yang diawali dari kabupaten ini.

Dalam turnamen Gala Desa itu, ada enam cabang olahraga yang dilombakan yakni bola voli, bulutangkis, sepak bola, sepak takraw, tenis meja, dan atletik.

Pertandingan sepak takraw diselenggarakan di Sekayu, tenis meja di Kecamatan Keluang, atletik di Desa Epil, bulutangkis digelar di Desa Babat Kecamatan Babat Toman. Kemudian bola voli dilaksanakan di Desa Berojaya Timur, Kecamatan Tungkal Jaya, dan sepakbola diselenggarakan di Desa Berlian Makmur, Sungai Lilin.

Galadesa sendiri digelar di 136 kota/kabupaten di Indonesia mulai 14 Mei-9 September 2017. Rangkaian pertama dimulai di Bulukumba, Sulawesi Selatan, 14 Mei lalu.

"Kami bangga menjadi salah satu kabupaten yang dipercaya sebagai penyelenggara kegiatan turnamen Gala Desa," ujar Apriyadi. (bac)