Gowes Pesona Nusantara Lombok Libatkan 4000 Pesepeda

Jun Mahares, CNN Indonesia | Sabtu, 08/07/2017 23:52 WIB
Gowes Pesona Nusantara Lombok Libatkan 4000 Pesepeda Gowes Pesona Nusantara (GPN) Lombok Barat resmi digelar, Sabtu (8/7). (Kemenpora.go.id/Egan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gowes Pesona Nusantara (GPN) kembali digelar setelah sempat libur perayaan Hari Raya Idul Fitri. Kali ini, kegiatan digelar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (8/7).

Pelepasan GPN Lombok Barat ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Asdep Pengelolaan Olahraga dan Pendidikan Arifin Majid bersama Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid.

GPN kali ini diikuti sekitar 4000 peserta dari berbagai kalangan untuk menempuh rute sekitar 20 km dan mengambil start dari Kantor Bupati.

"Target yang kita ingin capai adalah 30% dari seluruh masyarakat Indonesia sehingga masyarakat Indonesia akan hidup sehat dan bugar," kata Arifin Majid seperti dikutip dari situs resmi Kemenpora.


"Sekarang ini baru sekitar 14% dari seluruh masyarakat Indonesia yang berolahraga. Karena itu kita adakan acara ini untuk memancing masyarakat berolahraga hingga tingkat kebugaran bisa lebih tinggi lagi," sambung Arifin.

Tak hanya balap sepeda, GPN Lombok Barat juga menggelar prosesi sakral penyerahan tanah dan air adat untuk disatukan dengan tanah-tanah dari 90 kota yang dipilih sebagai lokasi GPN.

Prosesi itu turut dihadiri oleh tokoh masyarakat, agama, dan juru kunci makam.

Setelah disatukan, tanah air tersebut akan dibangunkan sebuah monumen di Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah dalam perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September mendatang.

"Tanah dan air ini akan di bawa ke Gunung Tidar dan pada tanggal 9 September akan berkumpul di Magelang pada puncak hari Haornas. Di Magelang akan dibuat monumen dari tanah dan air yang dikumpulkan dari seluruh propinsi," ujar Arifin.