Pesepakbola Terpintar dalam Sejarah: Socrates!

Haryanto Tri Wibowo , CNN Indonesia | Minggu, 16/07/2017 07:46 WIB
Pesepakbola Terpintar dalam Sejarah: Socrates! Socrates (kanan) memiliki gelar yang luar biasa di luar dunia sepak bola. (AFP PHOTO / GEORGES BENDRIHEM)
Jakarta, CNN Indonesia -- Socrates. Jika mendengar nama itu sebagian orang pasti terpikir filsuf terkenal asal Yunani. Sedangkan sebagian orang lainnya, khususnya pecinta sepak bola, akan terpikir legenda sepak bola asal Brasil.

Socrates yang meninggal pada 4 Desember 2011, dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat dalam sejarah Brasil meski tidak pernah mempersembahkan gelar untuk tim Selecao.

Terlahir dengan nama lengkap Socrates Brasileiro Sampaio de Souza Vieira de Oliveira, mantan pesepakbola yang dijuluki 'Doctor Socrates' itu memastikan hidupnya tidak keberatan nama.

Socrates bahkan bisa dibilang sebagai pesepakbola terpintar dalam sejarah. Betapa tidak, pesepakbola yang mencetak 22 gol dari 60 caps bersama timnas Brasil itu memiliki dua gelar akademis yang luar biasa.

Socrates telat dalam berkarier profesional di sepak bola.Socrates (kanan) telat dalam berkarier profesional di sepak bola. (REUTERS/Vanderlei Almeida)
Pertama, Socrates merupakan dokter berkualifikasi dan memiliki izin praktek. Jika itu kurang keren bagi Anda, pesepakbola yang lahir pada 19 Februari 1954 itu juga menyandang gelar PhD dalam bidang filsafat.

Sebagai salah satu legenda sepak bola, Socrates terbilang telat memulai karier profesionalnya, yakni di usia 24. Hal itu dikarenakan agar Socrates bisa menyelesaikan studinya untuk menjadi dokter.

Meski menjadi legenda timnas Belanda, Socrates gagal memberikan Selecao gelar.Meski menjadi legenda timnas Belanda, Socrates gagal memberikan Selecao gelar. (AFP PHOTO / STRINGER)
Setelah pensiun pada 1989, Socrates melakukan praktik dokter di wilayah Ribeirao Preto. Namun, pemain yang membawa Brasil menjadi runner-up Copa America 1983 itu tidak ingin berlama-lama menggeluti profesi dokter.

“Jika saya tetap menjadi dokter, maka saya hanya akan berada di satu area lingkungan dan hanya mengetahui satu sisi kehidupan,” ujar Socrates seperti dikutip dari BBC.
Selain menjadi dokter dan punya gelar PhD, Socrates juga aktif di dunia politik.Selain menjadi dokter dan punya gelar PhD, Socrates juga aktif di dunia politik. (AFP PHOTO/Juan BARRETO)
Socrates terbilang pesepakbola langka. Selain memiliki gelar dokter dan PhD bidang filsafat, Socrates juga aktif di dunia politik, penulis, dan musisi. Seperti tidak ada yang tidak bisa dilakukannya. Dengan demikian Socrates pantas mendapat julukan pesepakbola dengan otak paling encer dalam sejarah.

Satu hal yang menarik, Socrates mengulangi 'kesalahan' orang tuanya dalam memberi nama. Socrates memberi nama putra pertamanya Fidel, setelah terinspirasi mantan presiden Kuba Fidel Castro.

“Ketika saya memberi nama putra saya Fidel, ibu saya mengatakan, ‘Bukankah itu nama yang cukup kuat untuk anak’. Kemudian saya katakan, ‘lihat yang kamu lakukan kepadaku’,” ucap Socrates.
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Pesepakbola Berotak Encer