Pemerintah Tunggu Surat Resmi PSSI Soal Tim Futsal SEA Games

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Jumat, 21/07/2017 23:02 WIB
Pemerintah Tunggu Surat Resmi PSSI Soal Tim Futsal SEA Games Gatot S. Dewabroto menunggu surat resmi PSSI terkait keberangkatan tim futsal. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta konfirmasi kepada PSSI terkait kepastian keberangkatan tim futsal putra ke SEA Games 2017 Malaysia. Ini dibutuhkan untuk menjawab kesimpangsiuran yang ada beberapa waktu belakangan.

Sejauh ini, tim futsal putra Indonesia sebenarnya sudah terdaftar di MASOC (Malaysia SEA Games Organizing Committee). Tapi, awal pekan ini, tercium kabar yang menyebut tim futsal putra berencana menarik diri dari keikutsertaan.

Namun beberapa hari berselang, PSSI memastikan tim nasional futsal akan tetap berlaga di SEA Games 2017. Hal inilah yang ingin dipastikan oleh Kemenpora.


"Sampai saat ini kami masih menunggu surat resmi dari PSSI terkait kepastian keberangkatkan tim futsal putra ke SEA Games 2017. Kami butuh surat itu untuk menjawab kesimpangsiuran yang selama ini ada," kata Gatot.

"Ini juga terkait dengan jumlah kontingen Indonesia secara keseluruhan nantinya," ujarnya menambahkan.


Pemerintah sejauh ini, disebut Gatot, merespon positif keinginan tim futsal untuk tetap menjadi bagian dari kontingen Indonesia di SEA Games 2017. Futsal sendiri bukan termasuk cabang olahraga (cabor) prioritas dan tidak masuk dalam kontingen yang masuk Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

Dengan demikian, futsal berencana berangkat ke SEA Games Malaysia menggunakan dana mandiri yang berasal dari PSSI sebagai induk olahraganya.