Timnas Gagal ke Piala Asia U-23, PSSI Minta Maaf

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 24/07/2017 16:59 WIB
Timnas Gagal ke Piala Asia U-23, PSSI Minta Maaf Timnas Indonesia kalah bersaing dari Malaysia dan Thailand di Kualifikasi Grup H Piala Asia U-23. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI meminta maaf atas kegagalan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23. Indonesia dipastikan gagal lolos ke putaran final setelah hanya mampu menempati peringkat ketiga klasemen Grup H.

Ini jadi kali pertama Timnas U-22 yang dilatih pelatih asal Spanyol, Luis Milla, unjuk kebolehan di turnamen resmi. Hasilnya, Indonesia tersingkir di babak kualifikasi grup.

Tim arahan Luis Milla hanya mengemas empat poin berkat kemenangan 7-0 atas Mongolia dan imbang tanpa gol melawan Thailand. Kekalahan 0-3 dari Malaysia pada laga perdana menjadi mimpi buruk Indonesia kali ini.

Raihan empat poin belum cukup untuk membawa Indonesia tampil di Piala Asia U-23 di China, 9-27 Januari 2018. Sementara Malaysia dan Thailand berhak melaju ke putaran final.


Timnas Indonesia U-22 selanjutnya akan berjuang di SEA Games 2017.Timnas Indonesia U-22 selanjutnya akan berjuang di SEA Games 2017. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Malaysia melenggang ke putaran final dengan status juara Grup H. Sementara Thailand pun lolos karena catatan sebagai runner-up terbaik.

"Mohon maaf, kami gagal lolos kualifikasi Piala Asia U-23, tim sudah melakukan yang terbaik. Terima kasih atas dukungannya," kata Deputi Sekjen PSSI Fanny Riawan kepada CNNIndonesia.com, Senin (24/7).

"Selanjutnya evaluasi akan dilakukan bersama dengan Direktur Teknik PSSI (Danurwindo)," sambungnya.

Selanjutnya Timnas U-22 akan melakoni ujian keduanya di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, 19-30 Agustus mendatang. Indonesia masuk di Grup B bersama Thailand, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.

Timnas U-22 sendiri ditarget membawa pulang medali emas dari SEA Games Malaysia. Terakhir, Indonesia jadi juara di SEA Games 1991.

Itu jadi medali emas kedua Indonesia dari cabang olahraga sepak bola setelah kali pertama meraihnya di SEA Games edisi 1987 saat Indonesia jadi tuan rumah.