Analisis

Peluang Lorenzo Kalahkan Rossi di Red Bull Ring

Haryanto Tri Wibowo , CNN Indonesia | Kamis, 10/08/2017 12:01 WIB
Peluang Lorenzo Kalahkan Rossi di Red Bull Ring Valentino Rossi finis posisi keempat pada balapan GP Austria musim lalu. (AFP PHOTO / JOE KLAMAR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peluang Valentino Rossi meraih kemenangan di GP Austria, Minggu (13/8), terbilang sangat kecil. Justru mantan rekan setim Rossi di Yamaha, Jorge Lorenzo, memiliki peluang lebih besar meraih kemenangan di Sirkuit Red Bull Ring.

Jika ada seri yang sangat memungkinkan Lorenzo meraih kemenangan musim ini, maka seri itu adalah GP Austria. Kenapa? Karena Sirkuit Red Bull Ring sangat cocok dengan sepeda motor Ducati Desmosedici.

Dengan empat jalur lurus yang cepat, Sirkuit Red Bull Ring memang sangat cocok untuk motor Ducati Desmosedici. Terbukti musim lalu Ducati berhasil mendominasi balapan GP Austria, dengan Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso finis satu-dua.

Sudah bukan rahasia kekuatan utama Desmosedici adalah kecepatan yang luar biasa di trek lurus, yang tidak mampu diimbangi RC213V milik Honda dan YZR-M1 milik Yamaha.

Valentino Rossi musim lalu finis posisi keempat di GP Austria.Valentino Rossi musim lalu finis posisi keempat di GP Austria. (AFP PHOTO / Michal Cizek)
Berdasarkan catatan musim lalu, Iannone berhasil finis dengan catatan waktu keunggulan lebih dari tiga detik atas Jorge Lorenzo yang meraih podium ketiga bersama Yamaha. Sementara Rossi finis 3,815 detik di belakang Iannone.

Musim ini Lorenzo sudah dua kali berhasil finis lebih baik daripada Rossi, yakni di GP Spanyol dan GP Katalonia. Dan di GP Austria, Lorenzo memiliki peluang untuk unggul lebih telak atas Rossi dengan meraih kemenangan atas Rossi.

Ducati mendominasi balapan GP Austria musim lalu.Ducati mendominasi balapan GP Austria musim lalu. (AFP PHOTO / Michal Cizek)
Menariknya, Sirkuit Red Bull Ring merupakan satu-satunya sirkuit di kalender MotoGP 2017 di mana Rossi belum pernah meraih podium di kelas primer. Namun, Rossi pernah dua kali naik podium di GP Austria pada kelas 125cc musim 1996 dan 1997.

Valentino Rossi meyakini Red Bull Ring tidak cocok untuk Yamaha.Valentino Rossi meyakini Red Bull Ring tidak cocok untuk Yamaha. (AFP PHOTO / JOE KLAMAR)
Hingga saa ini, Rossi sudah berhasil meraih podium di 26 sirkuit berbeda pada kelas primer. Selain Red Bull Ring, sirkuit-sirkuit yang belum pernah Rossi rasakan podiumnya adalah di Donington, Estoril, Indianapolis, Istanbul, Laguna Seca, Rio, Shanghai, Suzuka dan Welkom.


Kondisi itu juga membuat rekan setim Lorenzo, Andrea Dovizioso, juga pantas dijagokan menjadi pemenang di GP Austria. Marquez juga tidak bisa dianggap sebelah mata, karena pebalap Repsol Honda itu sedang mengincar hattrick kemenangan pertamanya musim ini.