logo CNN Indonesia

Klub-klub Liga Primer yang Lebih Bijak

, CNN Indonesia
Klub-klub Liga Primer yang Lebih Bijak Chelsea dan Arsenal membeli pemain sesuai dengan kebutuhan tim. (Reuters/Andrew Couldridge)
Jakarta, CNN Indonesia -- Klub-klub Liga Premier Inggris lebih bijak dalam merekrut pemain untuk kompetisi musim 2017/2018. Mereka cenderung hati-hati dalam merekrut pemain, dan sesuai kebutuhan tim. Beberapa contoh yang pintar dalam belanja pemain untuk musim ini antara lain Arsenal, Chelsea, dan Manchester United (MU).

Arsenal cukup pandai dalam membeli pemain untuk musim ini dengan memborong penyerang Alexander Lacazette dari Olympique Lyon sebesar €53 juta dan bek kiri Sead Kolasic dari FC Schalke dengan status bebas transfer.

Alhasil, dilansir dari Transfermarkt, pengeluaran The Gunners hingga tulisan ini diturunkan lebih sedikit €60 juta dari musim sebelumnya.

Musim 2016/2017, Arsenal merekrut gelandang bertahan Granit Xhaka (€45 juta), bek tengah Shkodran Mustafi (€41 juta), penyerang Lucas Perez (€20 juta), penyerang cadangan Takuma Asano (€4 juta euro), dan bek tengah Rob Holding (€3 juta).

Duet Paul Pogba dan Nemanja Matic bisa membuat lini tengah MU semakin kuat.Duet Paul Pogba dan Nemanja Matic bisa membuat lini tengah MU semakin kuat. (REUTERS/Peter Cziborra)
Masuknya Lacazette musim ini diharapkan dapat sekaligus mengakhiri penantian panjang Arsenal yang kesulitan mendatangkan striker kelas dunia. Pasalnya, sosok bomber tajam tak lagi dimiliki The Gunners setelah Robin van Persie menyeberang ke Manchester United pada 2012.

Sama halnya dengan Arsenal, MU belanja sedikit lebih hemat dari musim sebelumnya. Tim Setan Merah berhasil mendapatkan tanda tangan penyerang Romelu Lukaku dari Everton (€84,7 juta), gelandang bertahan Nemanja Matic dari Chelsea (€44,7 juta), dan bek tengah Victor Lindelof dari Benfica (€35 juta).

Alexander Lacazette diharapkan bisa menjadi jawaban lini depan Arsenal.Alexander Lacazette diharapkan bisa menjadi jawaban lini depan Arsenal. (REUTERS/Hannah McKay)
Musim lalu, MU merekrut penyerang Paul Pogba dari Juventus (€105 juta), gelandang serang Henrikh Mkhitaryan dari Borussia Dortmund (€42 juta), bek tengah Eric Bailly (€38 juta), dan penyerang Zlatan Ibrahimovic dari PSG (bebas transfer).

Kehadiran tiga pemain baru yang didatangkan Mourinho dianggap cocok dengan kebutuhan MU musim ini, terutama Matic yang dianggap bisa membuat lini tengah The Red Devils seimbang. Duet Matic dengan Pogba diyakini akan sulit dikalahkan di lini tengah.

Alvaro Morata diharapkan cepat beradaptasi di Chelsea.Alvaro Morata diharapkan cepat beradaptasi di Chelsea. (Action Images via Reuters/Tony O'Brien)
Sementara juara bertahan belanja lebih banyak dari musim lalu. Mereka menghabiskan €140 juta untuk mendatangkan penyerang Alvaro Morata dari Real Madrid (€65 juta), gelandang bertahan Tiemoue Bakayoko dari Monaco (€40 juta), bek tengah Antonio Rudiger dari AS Roma (€40 juta), dan penjaga gawang Willy Caballero dari Manchester City (bebas transfer).

Pengeluaran The Blues hanya €7,2 juta lebih sedikit dibandingkan musim lalu yang mendatangkan penyerang Michy Batshuayi (€39 juta), gelandang bertahan N'Golo Kante (€35,8 juta), bek tengah David Luiz (€35 juta), dan bek kiri Marcos Alonso dari Fiorentina (23 juta euro).

Chelsea menjalani laga pramusim dengan penampilan yang kurang meyakinkan, yakni kalah tiga pertandingan secara beruntun dari lima laga. Terakhir, Chelsea dikalahkan Arsenal pada Community Shield 2017. Kendati begitu, rekrutan terbaru Chelsea diprediksi akan menyeimbangkan performa The Blues di semua lini.

Manchester City juga terlihat fokus melakukan pembelian pemain sesuai kebutuhan tim. Musim ini The Citizens kehilangan banyak pemain berpengalaman di lini belakang: Bacary Sagna, Pablo Zabaleta, Gael Clichy, dan Aleksandar Kolarov.

Kondisi itu membuat manajer ManCity, Pep Guardiola, bergerak cepat di bursa transfer. Tak tanggung-tanggung, lima pemain baru langsung didatangkan Guardiola ke Stadion Etihad dengan total pengeluaran mencapai £203,7 juta (setara Rp3,53 triliun).

Tiga dari lima pemain baru itu berposisi sebagai bek sayap: Kyle Walker dari Tottenham Hotspur, Danilo dari Real Madrid, dan Benjamin Mendy dari AS Monaco.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Merayakan Ultah Perak EPL
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video