Analisis

Mencari yang Pantas Gantikan Valentino Rossi

Bowie Haryanto , CNN Indonesia | Senin, 04/09/2017 08:04 WIB
Mencari yang Pantas Gantikan Valentino Rossi Johann Zarco pantas menggantikan peran Valentino Rossi di dua seri MotoGP. (AFP PHOTO / JEAN-FRANCOIS MONIER)
Jakarta, CNN Indonesia -- Valentino Rossi dijadwalkan absen pada dua seri MotoGP di San Marino dan Aragon setelah mengalami patah tulang. Lalu, siapakah yang akan dipilih Yamaha sebagai pengganti The Doctor di dua seri tersebut?

Hingga kini pihak Yamaha belum menentukan pengganti Rossi, tapi setidaknya ada dua nama pebalap yang masuk radar. Pertama adalah pebalap tes Yamaha Katsuyuki Nakasuga, dan yang kedua adalah pebalap Tech 3 Yamaha Johann Zarco.

Nakasuga jelas lebih berhak menggantikan peran Rossi di San Marino dan Aragon. Namun, jika Yamaha ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, maka Zarco adalah pilihan yang lebih tepat.

Sepanjang kariernya Nakasuga baru tampil di lima seri MotoGP. Itu pun menjadi pebalap wildcard di seri GP Jepang secara berutun sejak 2012. Prestasi terbaik Nakasuga di MotoGP adalah finis posisi sembilan di GP Jepang musim 2012.

Johann Zarco berambisi menggantikan Valentino Rossi di Yamaha.Johann Zarco berambisi menggantikan Valentino Rossi di Yamaha. (Getty Images/AFP)
Menariknya, Rossi pernah mengkritik Nakasuga. Rossi meyakini Yamaha bisa mengembangkan sepeda motor M1 lebih baik jika memiliki pebalap tes yang lebih mumpuni. The Doctor menganggap kehadiran sosok Nakasuga tidak banyak membantu Yamaha dalam menguji sepeda motor M1.

“Kami punya Nakasuga. Dia cepat karena sering menang di Superbike Jepang dan berpartisipasi di Suzuka 8-Hour. Tapi, dia tidak secepat saya atau (Maverick) Vinales,” ujar Rossi seperti dikutip dari Motori News 24.

Minim pengalaman di balapan kompetitif membuat Nakasuga kalah kelas dari Zarco. Meski berstatus sebagai pebalap rookie, Zarco sudah diklaim sejumlah pihak berpeluang besar menggantikan Rossi secara permanen di Yamaha.

Katsuyuki Nakasuga hanya memiliki pengalaman tampil di MotoGP Jepang.Katsuyuki Nakasuga (biru) hanya memiliki pengalaman tampil di MotoGP Jepang. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Sebelumnya Zarco mengatakan targetnya di MotoGP adalah menggantikan Rossi di tim pabrikan Yamaha. Dan pebalap 27 tahun itu dipastikan akan berusaha mengesankan Yamaha jika diberi kesempatan menjadi pengganti Rossi di San Marino dan Aragon.

"Saya ingin menjadi pebalap tim pabrikan di masa depan. Jadi bisa tampil cepat dan berada di depan mereka (Rossi dan Vinales), adalah cara yang pantas untuk mendapatkannya di masa depan," ujar Zarco seperti dikutip dari Eurosport.

Peluang Zarco menggantikan Rossi cukup besar. Selain berasal dari tim satelit Yamaha, Zarco juga memiliki sponsor yang sama dengan Rossi, yakni Monster Energy. Yamaha tinggal meyakinkan bos Tech 3, Herve Poncharal, untuk melepas Zarco di dua seri.

Kini tinggal Yamaha yang akan mengambil keputusan. Jika berdasarkan langkah yang benar, maka Yamaha seharusnya memberi kesempatan kepada Nakasuga sebagai pebalap tes. Tapi, jelas Zarco merupakan opsi yang tidak bisa diabaikan Yamaha.