Feby Eka Putra, 'Bocah Sidoarjo' yang Jadi Momok Filipina

Jun Mahares, CNN Indonesia | Jumat, 08/09/2017 16:08 WIB
Feby Eka Putra, 'Bocah Sidoarjo' yang Jadi Momok Filipina Feby Eka Putra, pemain pertama yang mencetak hatrrick bagi Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18 2017. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-19 arahan Indra Sjafri kembali menjadi sorotan. Sejumlah bintang muda pun bermunculan di Piala AFF U-18 dan mengundang decak kagum pencinta sepak bola Indonesia.

Setelah sukses memetik kemenangan 2-1 atas tuan rumah Myanmar di laga perdana penyisihan Grup B, pasukan Garuda Nusantara tampil brilian di laga kedua. Kali ini giliran Filipina yang menjadi korban keganasan mereka.


Sembilan gol berhasil disarangkan anak-anak Indonesia ke gawang Filipina Muda. Nama Feby Eka Putra layak disorot setelah berhasil mencetak hattrick ke gawang Filipina, Kamis (7/9) malam WIB.


Feby menjadi pemecah kebuntuan Indonesia lewat tendangan terukurnya di menit kedelapan. Tembakannya dari luar kotak penalti bersarang di pojok kanan gawang yang tak mampu dijangkau kiper lawan.

Feby Eka Putra mencetak gol perdana lewat tembakan jarak jauh ke gawang Filipina.Feby Eka Putra mencetak gol perdana lewat tembakan jarak jauh ke gawang Filipina. (Dok. PSSI)
Dua gol tambahan Feby tercipta di babak kedua. Ia benar-benar menjadi momok bagi kiper Filipina Quincy Julian Boltron Kammeraad yang yang akhirnya keluar dengan isak tangis.

Selain mencetak hattrick, ia juga turut menyumbangkan assist untuk terciptanya gol dari Muhammad Iqbal pada menit ke-26.

Feby berasal dari klub amatir Gen-B Mojokerto. Ia lahir di Sidoarjo pada 12 Februari 1999. Bakatnya sebagai winger tercium pelatih Indra Sjafri lewat proses seleksi yang panjang.

Feby Eka Putra menjadi stu dari sekian banyak talenta muda yang dilirik Indra Sjafri.Feby Eka Putra menjadi stu dari sekian banyak talenta muda yang dilirik Indra Sjafri. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Indra memang dikenal sebagai pelatih yang tajam melihat potensi pemain muda. Sebut saja Evan Dimas Darmono dan Hansamu Yama, yang meroket bersama Timnas U-19 kala menyabet gelar juara Piala AFF U-19 edisi 2013 silam.

Feby menjadi andalan di sayap kiri sejak laga perdana. Kecepatannya dari sektor sayap, berkali-kali menyulitkan pemain belakang Filipina.

Punya kemampuan olah bola yang ciamik serta naluri mencetak gol yang tinggi dan efisien di depan gawang lawan. Sebanyak tiga tembakan yang dilesakkan semuanya berbuah gol.

Egy Maulana Vikri juga menjadi calon bintang masa depan Timnas Indonesia.Egy Maulana Vikri juga menjadi calon bintang masa depan Timnas Indonesia. (Screenshoot via Instagram @egymaulanavikri)
Nama Feby melambung setelah menorehkan hattrick dan satu assist saat melawan Filipina. Sebelumnya, nama Egy Maulana Vikri lebih dulu mencuri perhatian publik.

Egy Maulana menjadi pahlawan kemenangan Indonesia U-19 atas Myanmar di laga perdana Grup B. Pemain multifungsi ini berhasil memborong dua gol kemenangan Indonesia saat mengalahkan tuan rumah Myanmar, 2-1.

Pemain kelahiran Medan ini juga mencatat dua gol ke gawang Filipina. Pundi golnya bisa saja bertambah andai Egy tak diganti di babak kedua.


Indonesia kini memuncaki klasemen Grup B dengan mengemas enam angka dari dua laga, unggul tiga poin dari Vietnam yang baru bermain sekali. Vietnam juga layak diwaspadai setelag mampu mengalahkan Brunei 8-1.

Timnas Indonesia U-19 masih memiliki dua laga di grup ini, yakni melawan Vietnam (11/9) serta menghadapi Brunei (13/9). Kedua pertandingan ini akan digelar di Stadion Thuwunna, Yangon, pukul 15.30 WIB.