Sebanyak 112 Peserta ke Final Tahap Kedua Audisi PB Djarum

Titi Fajriyah , CNN Indonesia | Sabtu, 09/09/2017 21:45 WIB
Sebanyak 112 Peserta ke Final Tahap Kedua Audisi PB Djarum Ilustrasi euforia peserta PB Djarum tahun lalu yang lolos. (Putra Permata Tegar Idaman)
Kudus, CNN Indonesia -- Sebanyak 112 pemain dipastikan lolos ke tahap kedua final Audisi Umum PB Djarum 2017. Mereka akan kembali diuji di dua pertandingan terakhir sebelum lolos ke karantina.

Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi menjelaskan, tim pelatih melakoni perdebatan yang cukup rumit untuk mengeliminasi 27 dari 139 atlet yang lolos ke final. Ada beberapa pertimbangan tambahan dalam seleksi tahap kedua ini.

“Selain teknik dasar, semangat juang hari ini kalah-menang di tiga pertandingan jadi tambahan pertimbangan. Kalau menang terus tapi kami gugurkan rasanya kurang adil,” kata Fung di GOR Djarum Jati, Kudus, Sabtu (9/9).

Di tahapan kedua final audisi, tim pelatih nantinya bakal lebih selektif dalam memberikan penilaian di dua pertandingan selanjutnya. Penentuan atlet yang berhak masuk ke karantina 11-16 September 2017 bakal diketahui, Minggu (10/9).

Jelas Fung, materi peserta putra U-11 dan U-13 yang ikut audisi kali ini lebih berkualitas ketimbang materi peserta putri. Perdebatan pun disebut lebih banyak untuk menentukan peserta putra yang lolos.
Fung Permadi berharap para atlet junior yang gagal lolos ke final tahap kedua PB Djarum tak patah semangat. (Fung Permadi (kiri) berharap para atlet junior yang gagal lolos ke final tahap kedua PB Djarum tak patah semangat. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)

“Kualitas putra kali ini merata jadi agak terjadi sedikit perdebatan. Kami melihat ini bahwa ada suatu fenomena pembuktian bahwa pembinaan di daerah sudah mulai berkembang menuju arah yang lebih baik,” ungkap Fung.

“Kawan-kawan pelatih di daerah sudah menunjukkan kemajuan dalam hasil kerja mereka. Apapun hasilnya nanti, jangan putus asa, tetap bersemangat membina dengan bahan animo bulutangkis di Indonesia sudah cukup berkembang ini,” jelasnya.

Senada, Budi Darmawan Manajer Komunikasi Bakti Olahraga Djarum Foundation menambahkan pada audisi kali ini dirinya melihat dukungan dari orang tua dan pelatih daerah sangat hebat kepada para atlet junior adam memberikan semangat.

“Gagal bukan berarti selesai, seperti Liliyana (Natsir) yang kalau kalah bangkit lagi untuk berusaha lagi. Mudah-mudahan lima atau 10 tahun ke depan, kita bisa melihat mereka meraih medali buat Indoensia di ajang Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Asia Games dan turnamen lain,” ujar Budi.

Apalagi, hari ini bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional. Menurut Budi, ini adalah pembuktian pada kemajuan olahraga nasional di bidang bulutangkis untuk mendapatkan prestasi dan medali emas buat Indonesia di kancah internasional.